PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS LITERASI SAINS DAN TERINTEGRASI AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA SMK


AKHMAD SUKRON KHAFIFI, 0403517017 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS LITERASI SAINS DAN TERINTEGRASI AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS LITERASI SAINS DAN TERINTEGRASI AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA SMK] PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS LITERASI SAINS DAN TERINTEGRASI AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA SMK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Meskipun unsur metakognitif menjadi salah satu capaian penting dalam kegitan pembelajaran, namun pada kenyataanyannya capaian metakognitif di sekolah Indonesia pada umumnya masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan metakognitif melalui pengembangan bahan ajar berbasis leterasi sains yang terintegrasi Al-qur’an khusunya pada siswa SMK. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Research and Developmen (R&D). Tahapannya meliputi identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk awal, revisi produk awal, uji coba produk akhir, revisi produk akhir, dan produk akhir. Hasil aplikasi produk akhir diuji menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Untuk menguji kelayakan dan karakteristik bahan ajar, data dianalisis menggunakan statistik deskriptif melalui perhitungan persentase, sedangkan pengujian keefektifan bahan ajar dianalilis menggunakan statistik inferensial melalui uji t. Pemakaian produk dilakukan di kelas X TBSM 1 SMK Andalusia 1 Wonosobo sebagai kelompok eksperimen dan di kelas X TBSM 2 SMK Andalusia 1 Wonosobo sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan yang ajar yang dikembangkan berkategori layak. Selain itu juga diperoleh bahwa penerapan bahan ajar yang dikembangkan memberikan pengaruh terhadap meningkatkan keterampilan metakognitif siswa pada materi termodinamika dengan perbandingan nilai rerata N-Gain dari masing-masing kelas yang diteliti, yaitu sebesar 7,78 dan tergolong efektif karena > 1. Dengan demikian disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis literasi sains dan terinegrasi Al-qur’an dapat digunakan secara efektif untuk meningkatkan keterampilan metakognitif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, literasi sains, integrasi Al-Qur’an, keterampilan Metakognitif
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:38
Last Modified: 09 Aug 2022 07:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51179

Actions (login required)

View Item View Item