KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GI BERBASIS TEORI BRUNER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI GUGUS IMAM BONJOL KEBONAGUNG DEMAK
St Mita Kumala Dewi, 1401413214 (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GI BERBASIS TEORI BRUNER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI GUGUS IMAM BONJOL KEBONAGUNG DEMAK. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GI BERBASIS TEORI BRUNER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI GUGUS IMAM BONJOL KEBONAGUNG DEMAK)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Gugus Imam Bonjol. Guru sudah berusaha menciptkanan pembelajaran yang aktif, namun pembelajaran matematika masih memiliki kendala dalam pelaksanaannya. Berdasarkan permasalahan tersebut dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: (1) apakah hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Imam Bonjol yang menggunakan model GI berbasis teori Bruner lebih efektif dibanding dengan kelas kontrol?, (2) bagaimana aktivitas siswa kelas V SDN Gugus Imam Bonjol dalam pembelajaran matematika?, (3) bagaimana aktivitas mengajar guru kelas V SDN Gugus Imam Bonjol dalam pembelajaran matematika?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Imam Bonjol yang menggunakan model GI berbasis Teori Bruner dibanding dengan kelas kontrol, (2) mendiskripsikan aktivitas belajar siswa kelas V di SDN Gugus Imam Bonjol dalam pembelajaran matematika, (3) mendiskripsikan aktivitas mengajar guru kelas V di SDN Gugus Imam Bonjol dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah quasi experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas V SDN Gugus Imam Bonjol dengan jumlah 117 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling untuk menentukan dua kelompok sampel. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, tes. Analisis hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas V yang diajar dengan model GI berbasis teori Bruner lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol. Hasil ini dapat dilihat pada kelas model GI memiliki rata-rata 82,24 dan kelas model NHT rata-rata 75,22 (2) ketrampilan guru pada model GI memiliki rata-rata 87,5 % dan model NHT rata-rata 80,35% (3) aktitas siswa pada model NHT memiliki rata-rata 79,46% dan model NHT rata-rata 69,28%. Simpulan dari penelitian ini adalah model GI berbasis teori Bruner lebih efektif dibanding kelas kontrol pada pembelajaran matematika siswa kelas V. Saran dari penelitian ini adalah guru dalam menyampaikan pembelajaran matematika di kelas V dapat menggunakan model pembelajaran GI untuk meningkatkan hasil belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keefektifan, Group Investigation, Teori Bruner. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 07:31 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 07:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51177 |
Actions (login required)
View Item |