HUBUNGAN KEPRIBADIAN TANGGUH DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRES AKADEMIK SISWA DI SMAN SE-KABUPATEN PASER KALTIM


Sasanti Puji Rahayu, 1301416081 (2021) HUBUNGAN KEPRIBADIAN TANGGUH DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRES AKADEMIK SISWA DI SMAN SE-KABUPATEN PASER KALTIM. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of HUBUNGAN KEPRIBADIAN TANGGUH DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRES AKADEMIK SISWA DI SMAN SE-KABUPATEN PASER KALTIM] PDF (HUBUNGAN KEPRIBADIAN TANGGUH DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRES AKADEMIK SISWA DI SMAN SE-KABUPATEN PASER KALTIM) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh fenomena masih adanya siswa mengalami stres akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepribadian tangguh dan dukungan sosial dengan stres akademik SMAN Se-Kabupaten Paser. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Subjek penelitian berjumlah 255 siswa dari 958 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random samplingdan proportional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari The educational stres scale for adolescents (ESSA), Skala Kobasa dan Multidimensional scale of perceived social support (MSPSS). Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara kepribadian tangguh dengan stres akademik (t =-2,791, β =-0,116, p<0,01) , terdapat hubungan negatif dan tidak signifikan antara dukungan sosial dengan stres akademik (t =,-0,112, β =-0,006, p<0, 01), serta terdapat hubungan negatif dan signifikan antara kepribadian tangguh dan dukungan sosial dengan stres akademik (R =0,181, R2 =0,033, F =4,268, p<0, 01). Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut, diharapkan bagi guru BK turut berperan memberi informasi, arahan terhadap siswa untuk dapat mengaktualisasikan diri dan memberikan layanan bimbingan kelompok secara efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Stres akademik, kepribadian tangguh, dukungan sosial
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 09 Aug 2022 06:29
Last Modified: 09 Aug 2022 06:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51168

Actions (login required)

View Item View Item