GAMBARAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA POLISI SABHARA DI POLRES SEMARANG


Yoan Desvidhonia, 6411416077 (2021) GAMBARAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA POLISI SABHARA DI POLRES SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of GAMBARAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA POLISI SABHARA DI POLRES SEMARANG] PDF (GAMBARAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA POLISI SABHARA DI POLRES SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (901kB) | Request a copy

Abstract

Gambaran APD adalah pertemuan yang dilakukan rutin antara supervisor dengan para pekerja atau karyawan untuk membicarakan hal-hal mengenai K3, entah tentang isu terbaru, regulasi, prosedur kerja, alat pelindung diri, potensi bahaya dan sebagainya. Kecelakaan tidak terjadi kebetulan, melainkan ada sebabnya. Oleh karena ada penyebabnya, sebab kecelakaan harus diteliti dan ditemukan, agar untuk selanjutnya dengan tindakan korektif yang ditujukan kepada penyebab itu serta dengan upaya preventif lebih lanjut kecelakaan dapat dicegah dan kecalakaan serupa tidak berulang kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian safety promotion sebagai gambaran penggunaan APD terhadap peningkatan pengetahuan dan perilaku di Polres Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif untuk mengetahui implementasi sistem manajemen K3 dengan pendekatan studi kasus (case study). Hasil menunjukkan bahwa Polres Semarang hingga saat ini belum menerapkan promosi K3 atau safety promotion, sehingga perlu dilakukan implementasi safety promotion dengan cara melalui media poster setiap pagi sebelum bekerja. Dengan melihat struktur usia responden dapat diketahui bahwa mayoritas berusia antara 23-35 tahun yaitu sebanyak 45 orang atau 58%, sedangkan secara berturut-turut adalah mereka dengan umur 31-40 tahun ke atas atas sebesar 18 orang atau 23%, mereka dengan umur > 41 tahun sebesar 10 orang atau 13% dan mereka dengan umur 23-35 tahun sebesar 5 orang atau 6%. Saran bagi Polres adalah perlunya meninjau kembali penerapan safety promotion berupa gambaran penggunaan APD khususnya pada Unit Sabhara, melakukan latihan PSS (Polisi Hura-Hura) secara rutin, dan selalu mengingatkan untuk memakai APD (Alat Pelindung Diri).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Alat Pelindung Diri, Kecelakaan Kerja
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 08 Aug 2022 06:42
Last Modified: 08 Aug 2022 06:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51151

Actions (login required)

View Item View Item