PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKTIVITAS BELA DIRI MELALUI AUDIO VISUAL UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI MASA PANDEMI COVID 19


SEPTI MAIMUNAH, 6101417020 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKTIVITAS BELA DIRI MELALUI AUDIO VISUAL UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI MASA PANDEMI COVID 19. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKTIVITAS BELA DIRI MELALUI AUDIO VISUAL UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI MASA PANDEMI COVID 19] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKTIVITAS BELA DIRI MELALUI AUDIO VISUAL UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI MASA PANDEMI COVID 19) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Surat edaran No 4 Tahun 2020 tentang penerapan kebijakan pembelajaran dalam masa darurat penyebaran coronavirus diases (Covid 19) yang didalamnya memuat arahan tentang proses pembelajaran di rumah. Menindaklanjuti surat edaran tersebut, sekolah meniadakan proses pembelajaran tatap muka. Pada proses pembelajaran daring guru perlu melakuakan modifikasi atau pengembangan bahan ajar agar siswa tidak mengalami kesulitan dalam memahami materi. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan produk berupa media pembelajaran penjas materi aktivitas bela diri untuk kelas VII SMP melalui audio visual. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan potensi dan masalah, pengumpulan data, membuat desain produk awal, validasi ahli media dan ahli materi. Selanjutnya produk di uji cobakan kepada siswa dan guru melalui uji coba kelompok kecil, revisi, uji coba kelompok besar, dan revisi produk akhir. Subjek uji coba produk siswa kelas VII SMP N 4 Wadaslintang. Subjek uji coba kelompok besar siswa kelas VII MTS Kaligowong, dan SMP Islam Wadaslintang. Data hasil ahli materi dari aspek kualitas sumber belajar mendapat skor 21 kategori “sangat baik” dan aspek isi mendapat skor 26 kategori “sangat baik”. Data validasi ahli media aspek tampilan mendapat skor 33 kategori “sangat baik”, kemudian aspek pemograman mendapat skor 27 kategori “sangat baik”. Untuk uji coba produk oleh ahli penjas dari aspek penyajian materi mendapat rerata skor 25,5 dengan kategori “sangat baik” dan aspek kualitas media mendapatkan rerata skor 15 dengan kategori “sangat baik”. Untuk uji coba pemakaian oleh siswa pada aspek pembelajaran rerata skor 10.06 kategori “sangat baik”, aspek materi dengan rerata skor 20,26 kategori “sangat baik”, dan aspek media dengan rerata skor 13,38 kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran bela diri melalui audio visual untuk sekolah menengah pertama di masa pandemic covid 19. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan produk media pembelajaran aktivitas bela diri yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran Penjas untuk kelas VII. Saran bagi guru penja agar produk media ini dapat digunakan dalam pembelajaran aktivitas bela diri sehingga mempermudah guru dalam membantu memperagakan aktivitas bela diri. Saran bagi siswa agar produk media ini dapat digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Aktivitas Bela Diri, Siswa SMP.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 08 Aug 2022 06:35
Last Modified: 08 Aug 2022 06:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51150

Actions (login required)

View Item View Item