KEEFEKTIFAN METODE BERNYANYI DAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN SEKSUAL PADA ANAK TK DI KECAMATAN NGALIYAN


Norma Setyarini, 0103516120 (2021) KEEFEKTIFAN METODE BERNYANYI DAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN SEKSUAL PADA ANAK TK DI KECAMATAN NGALIYAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN METODE BERNYANYI DAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN SEKSUAL PADA ANAK TK DI KECAMATAN NGALIYAN] PDF (KEEFEKTIFAN METODE BERNYANYI DAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN SEKSUAL PADA ANAK TK DI KECAMATAN NGALIYAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Anak usia dini berada pada fase menjelajah dan meniru ulung, mereka memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap hal-hal baru yang ada di sekelilingnya, sehingga anak usia dini membutuhkan stimulus yang tepat untuk mengembangkan segala potensi yang dimilikinya secara optimal. Terkait hal tersebut, perlindungan terhadap anak dari berbagai tindakan eksploitasi dan kekerasan seksual haruslah dihindarkan dari anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan pemahaman pendidikan seksual pada anak TK di Kecamatan Ngaliyan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest controll group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi menggunakan lembar instrumen penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 30 anak pada masing-masing kelompok eksperimen yaitu TK Isam Miftahul Jannah dan kelompok kontrol yaitu TK Bunga Harapan. Teknik analisis data pada uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test dengan program SPSS 22.0 dan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini adalah metode bernyanyi dan metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan pemahaman pendidikan seksual anak TK di Kecamatan Ngaliyan. Simpulan dalam penelitian ini adalah: (1) Penggunaan metode bernyanyi dapat meningkatkan pemahaman pendidikan seksual anak TK.; (2) Penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman pendidikan seksual anak TK; (3) Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya penggunaan metode bernyanyi dan demonstrasi efektif untuk meningkatkan pemahaman pendidikan seksual anak TK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyanyi, Metode Demonstrasi, Pemahaman Pendidikan Seksual.
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:34
Last Modified: 08 Aug 2022 04:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51146

Actions (login required)

View Item View Item