MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH


St. Budi Waluya, - (2012) MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. UJRME (UNNES JOURNAL OF MATHEMATIC EDUATION RESEARCH), 2 (2). pp. 128-133. ISSN ISSN: 2502-4507

[thumbnail of Article] PDF (Article) - Published Version
Download (222kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika model Jigsaw strategi Metakognitif untuk meningkatkan self-efficacy terhadap ke- mampuan pemecahan masalah dengan materi segi empat kelas VII valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modifikasi Plomp. Jenis perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah silabus, RPP, bahan ajar, LKS, media pembelajaran, Tes Kemampuan Pemecahan Masalah. Teknik pengam- bilan data menggunakan lembar validasi, lembar pengamatan self-efficacy dan ak- tifitas, Lembar angket, dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perangkat yang dikembangkan valid; (2) pembelajaran praktis ditandai dengan respon positif siswa dan kemampuan guru baik; (3) Efektifitas ditandai dengan (a) kemampuan pemecahan masalah mencapai KKM yaitu 83,4 dan ketuntasan klasikal sebesar 90,3%; (b) self-efficacy dan aktifitas siswa secara bersama – sama berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 71,9%; dan (c) self-efficacy dan aktivitas siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan tujuan pengembangan perangkat tercapai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Self-efficacy; Problem solving; Jigsaw; Metacognitive
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:51
Last Modified: 08 Aug 2022 02:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51122

Actions (login required)

View Item View Item