DAMPAK LINGKUNGAN PEMBANGUNAN TOL SEMARANG-DEMAK


MUHAMMAD AKBAR MAULANA GUSTAF, 8111417124 (2021) DAMPAK LINGKUNGAN PEMBANGUNAN TOL SEMARANG-DEMAK. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of DAMPAK LINGKUNGAN PEMBANGUNAN TOL SEMARANG-DEMAK] PDF (DAMPAK LINGKUNGAN PEMBANGUNAN TOL SEMARANG-DEMAK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan tol Semarang-Demak yang merupakan bagian Proyek Strategis Nasional diklaim pemerintah dapat memperlancar jalur transportasi dan menyelesaikan permasalahan banjir rob yang mana jalan tol ini juga berfungsi sebagai tanggul laut, namun bukan tanpa masalah dalam pembangunan tersebut timbul beberapa masalah dan gejolak dari masyarakat yang merasa pembangunan tersebut membuat lingkungan mereka menjadi terganggu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) Mengetahui dan menganalisis kelayakan lingkungan yang dijadikan tol Semarang-Demak pada dokumen Amdal (2) Mengetahui dan menganalisis dampak lingkungan apa saja yang ditimbulkan dari pembangunan tol Semarang-Demak (3) Mengetahui dan menganalisis upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi dampak lingkungan yang ditimbulkan dari pembangunan tol Semarang-Demak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yuridis empiris. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi dan analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil dan pembahasan penelitian (1) Tidak sesuai dengan teori etis tujuan hukum dan menggambarkan teori egosentris etika lingkungan hidup bahwa kelayakan lingkungan pembangunan tol Semarang-Demak yang ada pada dokumen Amdal sesuai secara legalitas tetapi masih terdapat beberapa kelemahan kajian di dalamnya (2) Teori yang sesuai yaitu teori utilitas tujuan hukum dan teori homosentris dengan hasil temuan 7 dampak positif dan 20 dampak negatif (3) Teori antroposentrisme digunakan sebagai upaya mengatasi dampak lingkungan pembangunan tol Semarang-Demak bahwa pemanfaatan teknologi kolam retensi secara maksimal adalah cara untuk mengatasi dampak lingkungan yang ditimbulkan dengan pengelolaan dan pemantauan yang baik. Simpulan dan saran dari peneliti adalah (1) Analisis dalam dokumen Amdal masih terdapat kelemahan dan harus dianalisis lebih detail (2) Terdapat lebih banyak dampak negatif daripada dampak positif, pemerintah harus menangani dampak negatif dengan teknologi yang ada dan mengoptimalkan dampak positif (3) Pemanfaatan teknologi kolam retensi merupakan upaya yang dapat dilakukan, keterbukaan terhadap laporan/aduan yang ada dan melaksanakan pengelolaan-pemantauan dengan baik agar tujuan dan manfaat dari pembangunan tol Semarang-Demak dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Amdal, Dampak Lingkungan, Pembangunan Tol
Subjects: K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:29
Last Modified: 08 Aug 2022 02:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51117

Actions (login required)

View Item View Item