PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada Industri Kecil Enceng Gondok di Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang)


FEBRIAN EKKI SAPUTRA, 7311416114 (2021) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada Industri Kecil Enceng Gondok di Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada Industri Kecil Enceng Gondok di Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang)] PDF (PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada Industri Kecil Enceng Gondok di Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja pemasaran ialah faktor krusial dalam pelaksanaan usaha. Melalui kehadiran kinerja pemasaran yang baik, penjualan pun kian mengalami peningkatan. Kajian ini bertujuan guna mengetahui orientasi pasar maupun inovasi produk memengaruhi kinerja pemasaran, serta mencari tahu keunggulan bersaing bisa memediasi orientasi pasar dan inovasi produk atas kinerja pemasaran. Populasi pada kajian ini ialah pelaku usaha kerajinan enceng gondok di Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Jumlah sampel pada kajuan ini sejumlah 64 pelaku usaha bermetode sampel jenuh. Metode guna mengumpulkan data mempergunakan pendokumentasian dan angket. Pengujian instrument dilaksanakan mempergunakan pengujian validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis versi 22. Hasil kajian memperlihatkan jika variabel orientasi pasar,inovasi produk, ataupun keunggulan bersaing memengaruhi positif dan bermakna bagi kinerja pemasaran. Hasil pengujian path analysis memperlihatkan jika keunggulan bersaing mampu ix memediasi orientasi pasar dan inovasi produk memengaruhi positif dan bermakna bagi kinerja pemasaran. Kajian ini menyimpulkan jika orientasi pasar dan inovasi produk bisa mengoptimalkan kinerja pemasaran. Keunggulan berdaya saing bisa memediasi pengaruh variabel orientasi pasar dan inovasi produk atas kinerja pemasaran. Saran untuk IKM enceng gondok yaitu memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan, menjalin hubungan yang baik dengan antar pelaku usaha dan pelanggan, serta mampu menjaga kualitas produk dengan melakukan modifikasi yang sesuai dengan permintaan konsumen maupun pasar, kemudian menciptakan produk baru yang belum terjual di pasaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:51
Last Modified: 05 Aug 2022 04:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51097

Actions (login required)

View Item View Item