ANALYSIS OF TAX EFFORT AND PERFORMANCE OF PRIVILEGE FUNDS IN INFLUENCING THE ECONOMY OF THE SPECIAL REGION OF YOGYAKARTA IN 2014 – 2019


Yustiko Arvan Gilang Pangestu, 7111417031 (2021) ANALYSIS OF TAX EFFORT AND PERFORMANCE OF PRIVILEGE FUNDS IN INFLUENCING THE ECONOMY OF THE SPECIAL REGION OF YOGYAKARTA IN 2014 – 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111417031 - Gilang Pangestu.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dana keistimewaan merupakan dana yang bersumber dari APBN sebagai salah satu bentuk transfer pemerintah terhadap Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki otonomi khusus. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persentase kemiskinan Daerah Istimewa Yogyakarta yang masih tinggi di Pulau Jawa serta di atas rata-rata kemiskinan nasional serta pertanyaan mengenai salah satu tujuan di dalam UU Keistimewaan tentang pengupayaan kesejahteraan lewat dana keistimewaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dana keistimewaan terhadap perekonomian di Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2014-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif untuk menganalisis perkembangan data dan analisis regresi untuk menganalisis pengaruh dana keistimewaan terhadap beberapa indikator terpilih. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data panel yang terdiri dari data runtut waktu tahun 2014-2019 dan data silang sebanyak lima kabupaten/kota di DIY. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah persentase penduduk miskin, Produk Domestik Regional Bruto per kapita dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), sedangkan variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dana keistimewaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Tax effort selama era UU Keistimewaan menunjukkan tren kenaikan, dana keistimewaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap persentase penduduk miskin, dana keistimewaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB per kapita dan dana keistimewaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB. Berdasarkan hasil dari penelitian saran yang diberikan oleh peneliti yaitu: diperlukan adanya sinergitas dan keseriusan Pemda DIY dalam mengumpulkan penerimaan pajak agar memaksimalkan kondisi keuangan di era keistimewaan; Diperlukan evaluasi dan improvisasi pengelolaan program dari dana keistimewaan yang tepat sasaran dalam pengentasan kemiskinan di DIY; Diperlukan peningkatan peran dana keistimewaan dalam meningkatkan PDRB melalui program yang mendukung peningkatan kapasitas perekonomian; Diperlukan transparansi dana keistimewaan agar masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam mengawasi jalannya keistimewaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dana Keistimewaan, Kemiskinan, Kesejahteraan, Pertumbuhan Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:14
Last Modified: 05 Aug 2022 04:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51093

Actions (login required)

View Item View Item