EVALUASI PEMBELAJARAN DARING DI SMK N 1 KEPIL MENGGUNAKAN KIRKPATRICK FOUR LEVELS EVALUATION MODEL


Adi Susanto, .5301417008 (2021) EVALUASI PEMBELAJARAN DARING DI SMK N 1 KEPIL MENGGUNAKAN KIRKPATRICK FOUR LEVELS EVALUATION MODEL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EVALUASI PEMBELAJARAN DARING DI SMK N 1 KEPIL MENGGUNAKAN KIRKPATRICK FOUR LEVELS EVALUATION MODEL] PDF (EVALUASI PEMBELAJARAN DARING DI SMK N 1 KEPIL MENGGUNAKAN KIRKPATRICK FOUR LEVELS EVALUATION MODEL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 menjadi persoalan multidimensi yang dihadapi dunia. Hal tersebut juga dirasakan dampaknya dalam sektor pendidikan. Sistem pembelajaran yang seharusnya dilakukan dengan bertatap muka beralih menjadi pembelajaran daring. Oleh karena itu, penelitian evaluasi perlu dilakukan untuk mengetahui efektivitas program pembelajaran daring. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Kepil Kabupaten Wonosobo dengan jumlah sampel sebanyak 224 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi model Kirkpatrick. Data dikumpulkan melalui kuesioner, dokumen hasil belajar, dan wawancara. Hasil akhir penelitian menunjukkan temuan sebagai berikut: 1) Pada evaluasi level 1, reaksi peserta didik menunjukkan reaksi yang positif dengan skor presentase sebesar 74.21%. 2) Pada evaluasi level 2, data menunjukkan bahwa 41% nilai pengetahuan siswa masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Selain itu, nilai keterampilan siswa jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor dan Teknik Audio Video belum bisa dinilai. Bahkan nilai sikap untuk semua jurusan juga belum bisa dilakukan penilaian. 3) Pada evaluasi level 3, perubahan perilaku peserta didik dalam menerapkan hasil program pembelajaran diperoleh skor presentase sebesar 62.73%. 4) Pada evaluasi level 4, hasil akhir yang terjadi setelah peserta didik mengikuti program pendidikan jarak jauh menunjukkan hasil yang positif dengan presentase 63.07%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Model Kirkpatrick, Pembelajaran Daring
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:17
Last Modified: 05 Aug 2022 04:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51090

Actions (login required)

View Item View Item