(ABSTRAK) Penggunaan Teknik Mencatat Peta Pikiran (Mind Mapping) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas X SMA NEGERI 1 ROWOSARI Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2010/2011.


Ari Murti, 1102406012 (2010) (ABSTRAK) Penggunaan Teknik Mencatat Peta Pikiran (Mind Mapping) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas X SMA NEGERI 1 ROWOSARI Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) Penggunaan Teknik Mencatat Peta Pikiran (Mind Mapping) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas X SMA NEGERI 1 ROWOSARI Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2010/2011. ]
Preview
PDF ((ABSTRAK) Penggunaan Teknik Mencatat Peta Pikiran (Mind Mapping) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas X SMA NEGERI 1 ROWOSARI Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2010/2011. ) - Published Version
Download (110kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di SMA N 1 Rowosari, dalam proses belajar sejarah mengunakan catatan berbentuk linier, ceramah, tanya jawab dan tugas. Sehingga hasil yang diperoleh siswa belum memuaskan. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dilakukan penelitian model pembelajaran Mind Mapping yang diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMA N 1 Rowosari tahun pelajaran 2010/2011. Mind Mapping merupakan model pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan dalam proses pembelajaran sejarah, karena dalam model ini siswa dapat mencatat suatu materi berdasarkan kreativitas siswa itu sendiri dan dapat menuangkan warna-warna yang sesuai dengan keinginan siswa, sehingga mampu meningkatkan minat belajar siswa dalam belajar. Desain atau rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus dimana hasilnya diperoleh dari hasil tes dan non tes. Pada siklus I nilai rata-rata kelas posttest mencapai 65,96 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 52,63%, kemudian pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas posttest mencapai 71,40 dengan ketuntasan belajar klasikal 55,26%, dan pada siklus III nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 74,74 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 81,58%. Dalam penggunaan model pembelajaran Mind Mapping juga mampu meningkatkan keaktifan siswa dan guru selama proses pembelajaran. Pada siklus I keaktifan siswa sebesar 47,22%, dengan keaktifan guru 68%, kemudian pada siklus II keaktifan siswa 63,88%, dengan keaktifan guru 74%, kemudian pada siklus III keaktifan siswa mencapai 72,22%, dengan keaktifan guru 78%. Hasil ini dapat menunjukkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping mampu membantu tercapainya hasil belajar yang lebih baik, karena nilai rata-rata yang diperoleh sebelum menggunakan Mind Mapping adalah < 70 dan setelah menggunakan Mind Mapping nilai rata-rata kelas menjadi > 70. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Sejarah menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Rowosari Kabupaten Kendal. Untuk itu disarankan supaya guru dapat menerapkan model pembelajaran Mind Mapping sebagai alternatif pembelajaran yang menarik selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Model Pembelajaran Peta pikiran (Mind Mapping), Peningkatan Prestasi Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Rizki Setiadi
Date Deposited: 30 Sep 2011 10:44
Last Modified: 25 Apr 2015 05:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5109

Actions (login required)

View Item View Item