EFEKTIVITAS METODE HOW TO BECOME PADA PEMBELAJARAN SESORAH DI SMK AL MINA BANDUNGAN


Afrianto Nur Fadhol, 2601417007 (2021) EFEKTIVITAS METODE HOW TO BECOME PADA PEMBELAJARAN SESORAH DI SMK AL MINA BANDUNGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601417007 - Afrianto Nur Fadhol.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

SMK Al Mina Bandungan merupakan sekolah berbasis pesantren yang memiliki karakteristik berbeda dibandingkan sekolah formal pada umumnya. Kebijakan sekolah prihal pengelolaan waktu belajar dan kegiatan pesantren menjadi urgensi guru untuk menentukan metode belajar yang efektif. Perlu adanya metode baru yaitu “How to Become” guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan kompetensi peserta didik terutama dalam materi pokok teks sesorah. Berkait dengan hal tersebut maka tujuan penelitian ini untuk menguji efektivitas metode “How to Become” pada pembelajaran sesorah di SMK Al Mina Bandungan. Adapun penelitian ini merupakan eksperimen yang menggunakan quasy experiment design (eksperimen semu) dengan bentuk non-equivalent control group design sebagai cara mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi proses eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Al Mina Bandungan, Kabupaten Semarang. Terdapat dua kelas yang menjadi objek penelitian, yaitu kelas XI Desain Komunikasi Visual sebagai kelas eksperimen menggunakan metode “How to Become” dan kelas XI Tata Busana sebagai kelas kontrol dengan metode “Discovery Learning”. Hasil penelitian menunjukkan dalam uji normalitas data pretest kelas eksperimen 0,466 > 0,05 sedangkan kelas kontrol 0,885 > 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan data pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol 0,219 > 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan data pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol homogen atau memiliki varian yang sama. Hasil uji normalitas data posttest kelas eksperimen 0,694 > 0,05 sedangkan kelas kontrol 0,141 > 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Setelah dilakukan penghitungan maka didapat hasil uji T-Test data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol 0,383 > 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan data pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan. Sedangkan hasil uji N-Gain kelas eksperimen menunjukkan peningkatan pretest ke posttest sebesar 44,78% dan kelas kontrol mengalami peningkatan pretest ke posttest sebesar 21,84%. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan penggunaan metode How to Become di SMK Al Mina Bandungan dikategorikan tidak efektif dalam pembelajaran namun dapat meningkatkan nilai praktik berbicara sesorah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, metode How to Become, pasinaon sesorah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:04
Last Modified: 05 Aug 2022 04:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51084

Actions (login required)

View Item View Item