PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG DENGAN KEPUASAN SEBAGAI MEDIATOR


Ulil Abshor, 7311416158 (2021) PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG DENGAN KEPUASAN SEBAGAI MEDIATOR. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG DENGAN KEPUASAN SEBAGAI MEDIATOR] PDF (PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG DENGAN KEPUASAN SEBAGAI MEDIATOR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Industri pariwisata merupakan sektor yang potensial untuk menunjang perekonomian suatu negara, selain itu pariwisata juga menjadi sektor penting dalam pembangunan karena disamping dapat menciptakan lapangan kerja dan pendapatan masyarakat, daerah dan negara juga dapat memperkenalkan seni budaya, serta keindahan alam kepada pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan lokasi wisata terhadap loyalitas pengunjung melalui kepuasan pengunjung. Populasi pada penelitian ini yaitu pengunjung wisata di Kabupaten Klaten sejumlah 98 responden. Peneliti menggunakan teknik non probability sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Pengujian instrument dilakukan dengan uji validitas dan realibilitas. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan path analysis dengan signifikansi 5% dan bantuan program SPSS Versi 23. Hasil uji penelitian ini menunjukan bahwa kualitas layanan dan lokasi wisata berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pengunjung. Hasil uji path analysis menunjukan bahwa kepuasan pengunjung mampu memediasi pengaruh antara kualitas layanan dan lokasi wisata terhadap loyalitas pengunjung. Simpulan pada penelitian ini adalah kualitas layanan dan lokasi wisata mampu mempengaruhi loyalitas pengunjung dalam melakukan kunjungan wisata di kabupaten Klaten. Kepuasan pengunjung juga mampu memediasi pengaruh antara kualitas layanan dan lokasi wisata terhadap loyalitas pengunjung. Saran yang diberikan adalah memperhatikan hal yang mampu mempengaruhi lokasi wisata seprti akses yang mudah, petunjuk jalan yang jelas serta tempat parkir yang memadai. Saran bagi peneliti selanjutnya yaitu diharapkan dapat menambah referensi terhadap variable lokasi wisata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan. Lokasi Wisata, Kepuasan Pengunjung, Loyalitas Pengunjung
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:06
Last Modified: 05 Aug 2022 04:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51082

Actions (login required)

View Item View Item