PERLINDUNGAN TERHADAP HAK KONSUMEN ATAS PENGEMBALIAN UANG PEMBELIAN (Refund) TIKET PADA ONLINE TRAVEL AGENT SELAMA MASA LARANGAN MUDIK DI ERA PANDEMI (Studi Pada PT. Rosalia Indah Transport)


NAFISA ARDIYANTI, 8111417168 (2021) PERLINDUNGAN TERHADAP HAK KONSUMEN ATAS PENGEMBALIAN UANG PEMBELIAN (Refund) TIKET PADA ONLINE TRAVEL AGENT SELAMA MASA LARANGAN MUDIK DI ERA PANDEMI (Studi Pada PT. Rosalia Indah Transport). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111417168 - Nafisa Ardiyanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Perlindungan Kosumen diatur dalam Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999, di mana di dalamnya dijelaskan mengenai hak dan kewajiban dari konsumen maupun pelaku usaha, sesuai dengan ketentuan dalam Pasal 4, 5, 6, dan 7. Dalam setiap proses transaksi antara konsumen dan pelaku usaha, rentan terjadi sengketa, maka dari itu tanggung jawab dan penyelesaian sengketa harus lebih diperkuat untuk meminimalisir terjadinya sengketa dalam transaksi tersebut. Penelitian ini akan meneliti tentang : 1) Tanggung Jawab Perusahaan Online Travel Agent (OTA) Pada Konsumen Atas Permintaan Pengembalian Uang Pembelian Tiket Perjalanan Selama Pandemi 2) Penyelesaian Sengketa Pengembalian Uang Pembelian Tiket Perjalanan Oleh Perusahaan Online Travel Agent (OTA). Jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data primer melalui wawancara, pengamatan dan menelaah dokumen. Sumber data primer melalui wawancara dengan informan dan data sekunder melalui studi kepustakaan dan peraturan perundang – undangan. Hasil penelitian ini adalah : 1) PT. Rosalia Indah Transport mengembalikan uang pembelian tiket konsumennya secara utuh 100% kepada konsumen sesuai dengan peraturan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam Pasal 3 ayat (1) dan 4 Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 25 Tahun 2020. 2) Sengketa yang terjadi diselesaikan melalui negosiasi secara kekeluargaan atau non litigasi, di mana kedua belah pihak saling berdiskusi untuk menemukan jalan keluar yang menguntungkan bagi kedua belah pihak yang bersangkutan. Simpulan dari penelitian ini : 1) Pemberian pengembalian uang pembelian tiker perjalanan konsumennya secara utuh 100% kepada konsumen sesuai dengan peraturan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam Pasal 3 ayat (1) dan 4 Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 25 Tahun 2020. 2) Penyelesaian sengketa antara konsumen dan PT. Rosalia Indah Transport dilakukan dengan negosiasi dan kekeluargaan atau non litigasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen: Tanggung Jawab; Penyelesaian Sengketa
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:30
Last Modified: 05 Aug 2022 03:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51073

Actions (login required)

View Item View Item