PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, SOFT SKILLS, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2016 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANGMELALUI PERAN PUSAT KARIER SEBAGAI VARIABEL MEDIASI


Dinda Afianita Hapsari, 7101416247 (2021) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, SOFT SKILLS, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2016 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANGMELALUI PERAN PUSAT KARIER SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416247 - Dinda Afianita Hapsari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Kesiapan kerja sebagai usaha untuk memantapkan seseorang mempersiapkan diri dalam hal pengetahuan, ketrampilan, sikap serta nilai yang diperlukan dalam menekuni sebuah pekerjaan.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel eksogen yaitu kecerdasan emosional. Soft skill, lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap variabel endogen yaitu kesiapan kerja mahasiswa melalui peran Pusat Kaier sebagai variabel mediasi. Populasi didalam penelitian ini merupakan seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2016 yang berjumlah 316 mahasiswa. Dari populasi tersebut diambil sebanyak 177 sampel dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Structural Equation Model (SEM) dengan alat analisis Smart PLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan model penelitian telah memenuhi validitas dan reliabilitas konstruk pada asumsi SEM dengan SmartPLS sehingga model dinyatakan layak. Adapun hasilnya adalah kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 6,4%, soft skill berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 29,5%, lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 24,2%, teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 22,9%. Selanjutnya, peran Pusat Karier dalam memediasi kecerdasan emosional, soft skill, lingkungan keluarga dan teman sebaya secara positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja secara berturut-turut berpengaruh sebesar 6,4%, 6,5%. 6,2%, 7,2%. Simpulannya adalah terdapat delapan hipotesis yang diterima. Saran dari penelitian ini adalah mahasiswa hendaknya meningkatkan kesiapan kerja dengan berbagai kegiatan, termasuk pelatihan dari Pusat Karier.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, soft skill, lingkungan keluarga, teman sebaya, Pusat Karier
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Emotional Intelligence
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > family environment
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:23
Last Modified: 05 Aug 2022 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51071

Actions (login required)

View Item View Item