PENGEMBANGAN LKS BERBASIS EDUCATION GAME-ANGRY BIRD PADA MATERI GERAK PARABOLA KELAS X SMA


Nabila Mufti Ihsani, 4201416005 (2021) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS EDUCATION GAME-ANGRY BIRD PADA MATERI GERAK PARABOLA KELAS X SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201416005 - Nabila Mufti Ihsani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran materi gerak parabola yang interaktif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif memerlukan media yang dapat mengilustrasikan gerak dan mudah digunakan. Media game (angrybird) dapat digunakan dalam pembelajaran materi gerak parabola. Akan tetapi, media game membutuhkan panduan yang terstruktur agar penggunaaanya efektif dalam pembelajaran. Sementara, guru masih kesulitan menyusun LKS yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan mendukung penggunaan media education game dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis education game (angry bird) pada materi gerak parabola yang layak dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D dengan parameter secara kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Kesesi pada kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 secara daring menggunakan whatsapp dan google form. LKS yang dikembangkan terbagi menjadi 3 bagian LKS berdasarakan pembagian materi pada gerak parabola. Format LKS terdiri dari cover, peta konsep, tujuan pembelajaran, kegiatan, ringkasan materi dan evaluasi. Pada kegiatan Sub Ayo Mainkan! dan Ayo Kita Diskusi! berisi percobaan dan pertanyaan diskusi berbasis game angry bird. Game angry bird digunakan sebagai ilustrasi gerak parabola dan tambahan media PhET sebagai penunjang parameter percobaan pada pembelajaran gerak parabola. LKS dinyatakan layak dan efektif berdasarkan validasi ahli, uji keterbacaan, respon siswa dan analisis hasil belajar siswa (n�gain). Persentase kelayakan LKS berdasarakan uji validasi ahli sebesar 93,75%. Hasil uji keterbacaan LKS sebesar 88,33% dengan kategori layak dan mudah dipahami. Sebesar 81,30% rata-rata siswa merespon dengan kriteria baik terhadap kelayakan LKS. Hasil analisis n-gain menunjukkan rata-rata n-gain siswa sebesar 0,471 dengan kriteria sedang dan sebesar 74,28% siswa yang telah melakukan pembelajaran mengalami kenaikan hasil belajar kategori sedang dan tinggi. Hal ini menunjukkan LKS berbasis education game (angry bird) efektif digunakan dalam pembelajaraan materi gerak parabola

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKS, education game angrybird, materi gerak parabola
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:06
Last Modified: 05 Aug 2022 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51063

Actions (login required)

View Item View Item