PENGARUH PERSEPSI KOMPETENSI SOSIAL GURU BK TERHADAP MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI KONSELING INDIVIDUAL DI SMKN 1 PURWODADI


Dian KurniaAyu, 1301416054 (2021) PENGARUH PERSEPSI KOMPETENSI SOSIAL GURU BK TERHADAP MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI KONSELING INDIVIDUAL DI SMKN 1 PURWODADI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301416054 - Dian Kurnia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh fenomena kurangnya minat siswa dalam mengikuti konseling individual di SMK Negeri 1 Purwodadi. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan dengan mengadministrasikan instrument non tes angket dan wawancara kepada guru BK di SMK Negeri 1 Purwodadi diketahui masih terdapat siswa yang kurang berminat mengikuti layanan konseling individual. Peneliti melakukan penelitian awal terhadap 30 siswa dari berbagai jurusan di SMKN 1 Purwodadi, tercatat hanya 30 orang yang mengikuti konseling individual sedangkan jumlah siswa keseluruhan adalah 796 orang siswa, hal ini dinyatakan bahwa hanya 3,7 % dari jumlah siswa yang melakukan konseling individual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kompetensi sosial guru BK terhadap minat siswa untuk mengikuti konseling individual. Penelitian ini termasuk dalam penelitian ex post facto. Pengambilan sampel dengan menggunakan probability sampling dan random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 155 siswa kelas XI SMK Negeri 1 Purwodadi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala persepsi kompetensi sosial, skala minat siswa, yang masing-masing reliabilitasnya 0,968 dan 0,965. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi kompetensi sosial guru BK terhadap minat siswa untuk mengikuti konseling individual (R = 0,496, F = 49,929; p = 0,000). Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi persepsi kompetensi sosial guru BK maka semakin tinggi pula minat siswa untuk mengikuti konseling individual. Persepsi kompetensi sosial guru BK memiliki pengaruh terhadap minat siswa dalam mengikuti konseling individual dan memiliki sumbangan sebesar 24,6%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kompetensi soisal, minat siswa, dan konseling individual
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Individual Counseling
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:56
Last Modified: 05 Aug 2022 02:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51058

Actions (login required)

View Item View Item