PENGARUH INOVASI PRODUK DAN ORIENTASI PELANGGAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada Pelaku Usaha Kerajinan Pahat Batu di Desa Tamanagung Kabupaten Magelang)


RIZAL PRATAMA, 7311416121 (2021) PENGARUH INOVASI PRODUK DAN ORIENTASI PELANGGAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada Pelaku Usaha Kerajinan Pahat Batu di Desa Tamanagung Kabupaten Magelang). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGARUH INOVASI PRODUK DAN ORIENTASI PELANGGAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada Pelaku Usaha Kerajinan Pahat Batu di Desa Tamanagung Kabupaten Magelang)] PDF (PENGARUH INOVASI PRODUK DAN ORIENTASI PELANGGAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada Pelaku Usaha Kerajinan Pahat Batu di Desa Tamanagung Kabupaten Magelang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan dunia bisnis yang terjadi saat ini terutama pada sektor UMKM mengakibatkan terjadinya persaingan yang begitu ketat. Kondisi tersebut menuntut UMKM untuk mampu memilih dan menetapkan strategi yang tepat yang dapat digunakan untuk menghadapi persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi produk dan orientasi pelanggan memengaruhi kinerja pemasaran, serta mencari tahu keunggulan bersaing dapat memediasi inovasi produk dan orientasi pelanggan atas kinerja pemasaran pada pelaku usaha kerajinan pahat batu di Desa Tamanagung Kabupaten Magelang. Populasi yang digunakan adalah pelaku usaha kerajinan pahat batu di Desa Tamanagung Kabupaten Magelang sejumlah 102 pelaku usaha dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 102 pelaku usaha dengan menggunakan metode sampling jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan analisis jalur dengan bantuan program SPSS versi 25 Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel inovasi produk, orientasi pelanggan dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil uji analisis jalur menunjukkan bahwa keunggulan bersaing dapat memediasi inovasi produk dan orientasi pelanggan terhadap kinerja pemasaran. Simpulan dari penelitian ini adalah inovasi produk dan orientasi pelanggan dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing juga mampu memediasi pengaruh inovasi produk dan orientasi pelanggan terhadap kinerja pemasaran. Saran yang diberikan adalah sebaiknya pelaku industri kerajinan pahat batu lebih meningkatkan kemampuan inovasi produk mereka dengan cara melakukan inovasi produk yang memiliki daya saing yang kuat serta lebih memperhatikan keunggulan bersaing pada penerapan strategi orientasi pelanggan mereka. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menggunakan teknik analisis atau variabel yang berbeda dan memperluas ruang lingkup objek.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inovasi Produk, Orientasi Pelanggan, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:56
Last Modified: 05 Aug 2022 02:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51056

Actions (login required)

View Item View Item