KAJIAN UANG ELEKTRONIK DALAM PERSPEKTIF UNDANG – UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi pada Aplikasi DANA – Indonesia’s Digital Wallet)


Ibrahim Hakim, 8111414226 (2019) KAJIAN UANG ELEKTRONIK DALAM PERSPEKTIF UNDANG – UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi pada Aplikasi DANA – Indonesia’s Digital Wallet). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111414226 - Mac Ebi.pdf] PDF - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Layanan pembayaran berbasis elektronik atau digital kini semakin memanjakan masyrakat khususnya bagi para pengguna layanan. Metode pembayaran elektronik dengan menggunakan uang elektronik (e-money) karakteristiknya lebih berbeda dengan metode pembayaran elektronik seperti pembayaran dengan menggunakan kartu kredit serta kartu debit atau kartu ATM, karena penggunaan uang elektronik tidak selalu membutuhkan proses otorisasi untuk pembebanan ke rekening pengguna atau nasabah yang memakainya. Pada prinsipnya jika orang yang mempunyai uang elektronik, sama halnya dengan orang yang mempunya uang tunai. Pada penggunaan aplikasi DANA unverified merasa dirugikan dengan kurangnya informasi mengenai layanan dan penggunaan aplikasi, sehingga tidak sedikit pengguna yang merasa dirugikan dengan kurangnya informasi mengenai layanan dan pengguna pada aplikasi. Rumusan penelitian ini adalah, (1) Bagaimanakah implementasi Undang – Undang Perlindungan Konsumen terhadap produk aplikasi DANA? Dan (2) Bagaimanakah pertanggungjawaban DANA – Indonesia’s Digital Wallet terhadap produk aplikasi DANA yang tidak jelas sehingga merugikan konsumen? Metode penelitian dalam penulisan ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan yuridis empiris. Teknik pengambilan data dengan metode simple random sampling, yaitu meneliti bahan data berupa keluhan konsumen dan bahan hukumnya berupa Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Berdasarkan hasil penelitian: 1. Hasil dari wawancara 3 narasumber, bahwa ketiga narasumber memiliki keluhan yang sama, yaitu mendapati ketidakjelasan dari sebuah promo cashback DANA, sehingga narasumber dirugikan secara materiil ketika menggunakan promo tersebut. 2. Hasil dari wawancara 3 narasumber, bahwa ketiga narasumber tidak mendapat solusi dan ganti rugi dari pihak DANA terkait kerugian yang diterima oleh narasumber. Ketiga narasumber juga sudah menghubungi Costumer Service dan Call Center DANA, dan tidak mendapatkan solusi yang sesuai. Simpulan antara lain: 1. Implementasi produk masih belum sesuai dengan Undang – Undang Perlindungan Konsumen. 2. Pertanggungjawaban pihak DANA sebagai pelaku usaha belum sesuai dengan Undang – Undang Perlindungan Konsumen. Adapun saran dari penulis pelaku usaha hendaknya memberikan informasi yang jelas mengenai penggunaan dan layanan aplikasi DANA sehingga dapat dipahami oleh para pengguna, dan bagi para pengguna aplikasi untuk lebih cermat dalam menggunakan layanan aplikasi DANA sehingga tidak menimbulkan kerugian dikemudian hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Uang Elektronik; Aplikasi DANA; Perlindungan Konsumen.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:29
Last Modified: 05 Aug 2022 02:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51049

Actions (login required)

View Item View Item