PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT DENGAN KOMITE AUDIT SEBAGAI PEMODERASI


Digna Ardelia, 7211417188 (2021) PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT DENGAN KOMITE AUDIT SEBAGAI PEMODERASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211417188 - Digna Ardelia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sustainability report merupakan laporan yang berisi mengenai aktivitas ekonomi, sosial, dan lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai bentuk pertanggungjawabannya. Pengungkapan sustainability report di Indonesia masih tergolong rendah, terdapat beberapa perusahaan yang belum menerbitkan sustainability report. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan umur perusahaan terhadap pengungkapan sustainability report serta peran komite audit dalam memoderasi hubungan tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah 61 perusahaan yang terdaftar dalam LQ45 selama tahun 2017-2019. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga menghasilkan 21 sampel perusahaan dengan 51 unit analisis. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan teknik dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi moderasi yaitu uji selisih mutlak dalam program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap pengungkapan sustainability report. Komite audit berhasil memoderasi hubungan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan sustainability report, namun tidak mampu memoderasi profitabilitas dan umur perusahaan terhadap pengungkapan sustainability report. Simpulan dalam penelitian ini adalah tingkat pengungkapan sustainability report perusahaan LQ45 masih tergolong rendah yaitu sebesar 25.48% dan dari enam hipotesis, yang diterima hanya satu hipotesis yaitu komite audit memoderasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap pengungkapan sustainability report. Saran untuk penelitian selanjutnya, diharapkan untuk menambah rentang tahun agar hasil pengujian lebih maksimal dan menambah variabel lain diluar variabel yang telah diuji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sustainability Report; Profitabilitas; Ukuran Perusahaan; Umur Perusahaan; Komite Audit
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:27
Last Modified: 05 Aug 2022 02:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51046

Actions (login required)

View Item View Item