PENGARUH PENDAPATAN, LINGKUNGAN SOSIAL, LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN PROMOSI BANK SYARIAH TERHADAP MINAT PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH MENGGUNAKANTRANSAKSI MUDHARABAH DI KOTA SEMARANG


Diyah Ayu Retno Palupi, 7101416148 (2021) PENGARUH PENDAPATAN, LINGKUNGAN SOSIAL, LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN PROMOSI BANK SYARIAH TERHADAP MINAT PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH MENGGUNAKANTRANSAKSI MUDHARABAH DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416148 - Ayu Palupi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bank syariah berperan penting dalam menunjang perekonomian negara, salah satunya dengan produk mudharabah-nya. Nasabah atau mudharib dari bank syariah merupakan UMKM yang memberikan pengaruh signifikan untuk perekonomian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pendapatan, lingkungan sosial, literasi keuangan syariah, dan promosi bank syariah terhadap minat pelaku UMKM menggunakan transaksi mudharabah. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM di Kota Semarang. Jumlah sampel penelitian berjumlah 94 responden yang ditentukan dengan metode Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pelaku UMKM di Kota Semarang menggunakan transaksi mudharabah di bank syariah, (2) lingkungan sosial tidak berpengaruh terhadap minat minat pelaku UMKM di Kota Semarang menggunakan transaksi mudharabah di bank syariah, (3) literasi keuangan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pelaku UMKM di Kota Semarang menggunakan transaksi mudharabah di bank syariah, (4) variabel promosi bank syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pelaku UMKM di Kota Semarang menggunakan transaksi mudharabah di bank syariah. Simpulan penelitian ini adalah tingkat pendapatan, literasi keuangan syariah, dan promosi bank syariah berpengaruh positif dan signifikan, sedangkanlingkungan sosial tidak berpengaruh terhadap minat pelaku UMKM di Kota Semarang menggunakan transaksi mudharabah di Bank Syariah. Saran yang dapat peneliti berikan adalah perbankkan syariah memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Lingkungan Sosial, Literasi Keuangan Syariah, Promosi Bank Syariah, Mina
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:20
Last Modified: 05 Aug 2022 02:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51042

Actions (login required)

View Item View Item