PENGARUH STRATEGI BELAJAR DAN KREATIVITAS MENULIS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KETERAMPILAN MENULIS BAHASA PRANCIS MAHASISWA ANGKATAN 2019 PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Winda Nur Anisa, 2301416008 (2021) PENGARUH STRATEGI BELAJAR DAN KREATIVITAS MENULIS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KETERAMPILAN MENULIS BAHASA PRANCIS MAHASISWA ANGKATAN 2019 PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH STRATEGI BELAJAR DAN KREATIVITAS MENULIS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KETERAMPILAN MENULIS BAHASA PRANCIS MAHASISWA ANGKATAN 2019 PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada sejauh mana pengaruh penggunaan strategi belajar dan kreativitas menulis mahasiswa terhadap hasil belajar pada keterampilan menulis bahasa Prancis. Keterampilan menlis merupakan keterampilan yang rumit sehingga banyak dari mereka yang kesulitan dalam menulis bahasa Prancis. Kesulitan itu dapat berupa kesulitan mengungkapkan ide atau gagasan karena keterbatasan kosa kata yang dimiliki, tidak dapat mengungkapkan daya imajinasai, dll. Hal ini juga dialami oleh Mahasiswa Program Studi Bahasa Prancis Angkatan 2019. Oleh karena itu, diperlukan adanya strategi belajar yang tepat dan diperlukan adanya kreativitas menulis sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mereka. Untuk menjawab dugaan adanya pengaruh penggunaan strategi belajar dan kreativitas menulis mahasiswa terhadap hasil belajar pada keterampilan menulis bahasa Prancis peneliti berniat melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui pengaruh strategi belajar dan kreativitas terhadap hasil belajar pada keterampilan menulis Bahasa Prancis Angkatan 2019 Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini memiliki dua variabel bebas, yaitu strategi belajar dan kreativitas dan satu variabel terikat, yaitu hasil belajar pada keterampilan menulis Bahasa Prancis yang diambil dari IPK. Penelitian ini menggunakan metode angket dan metode dokumentasi sebagai metode pengambilan data. Data strategi belajar dan kreativitas menulis Bahasa Prancis diambil menggunakan angket. Adapun metode dokumentasi digunakan untuk mengambil data hasil belajar (IPK). Hasil dari data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik regresi sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat strategi belajar maupun kreativitas pada keterampilan menulis Bahasa Prancis tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar pada keterampilan menulis Bahasa Prancis secara parsial maupun secara stimultan. Menurut penelitian mengenaik strategi belajar dan kreativitas yang telah ada sebelumnya menunjukkan adanya pengaruh pada variabel yang diteliti. Dapat disimpulkan bahwa akan lebih berpengaruh dan signifikan hasil penelitiannya jika menggunakan variabel selain variabel yang diteliti oleh peneliti pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Belajar, Kreativitas, Hasil Belajar |
Subjects: | P Language and Literature > PDA French Languages |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 02:07 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 02:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51034 |
Actions (login required)
View Item |