PENGEMBANGAN MODUL BERVISI SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) BERORIENTASI CEP (CHEMOENTREPRENEURSHIP) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF


Novia Ayu Lestari, 4301417063 (2021) PENGEMBANGAN MODUL BERVISI SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) BERORIENTASI CEP (CHEMOENTREPRENEURSHIP) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301417063 - Novia Ayu Lestari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul, menguji kelayakan dan keefektifan serta mengetahui tanggapan peserta didik dan guru terhadap modul bervisi SETS berorientasi CEP untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada materi hidrolisis. Metode penelitian ini mengacu pada model ADDIE dengan tahap analysis, design, development, implementation, evaluation. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kajian pustaka, wawancara, observasi, angket dan tes. Teknik analisis data kelayakan modul dilakukan dengan validasi ahli materi, ahli media dan dari hasil tanggapan peserta didik dan guru. Keefektifan modul dilakukan dengan uji ketuntasan klasikal dan uji N – Gain pada tahap implementasi dan analisis tanggapan peserta didik dan guru dilakukan secara deskriptif. Hasil validasi oleh ahli materi mendapat skor 46/56 dengan kategori sangat layak dan validasi ahli media 37/40 dengan kategori sangat layak. Hasil ketuntasan klasikal sebesar 81% dan rerata hasil uji N – Gain sebesar 0.69 dengan kategori “sedang”. Hasil tanggapan terhadap modul bervisi SETS berorientasi CEP mendapatkan respon positif dengan proporsi 23/36 peserta didik memberi tanggapan sangat baik dan 13/36 peserta didik memberi tanggapan baik. Dan hasil tanggapan guru mendapatkan tanggapan positif dengan memperoleh rerata skor 59/60 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa modul bervisi SETS berorientasi CEP layak digunakan, efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan mendapatkan tanggapan positif dari peserta didik dan guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul, SETS, CEP, Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 05 Aug 2022 01:57
Last Modified: 05 Aug 2022 01:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51032

Actions (login required)

View Item View Item