PENGEMBANGAN BUTIR SOAL TES TINGKAT MAKROSKOPIS, MIKROSKOPIS, DAN SIMBOLIS, DIANALISIS DENGAN MODEL RASCH, UNTUK IDENTIFIKASI KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI


Feby Kristiansi, 4301417060 (2021) PENGEMBANGAN BUTIR SOAL TES TINGKAT MAKROSKOPIS, MIKROSKOPIS, DAN SIMBOLIS, DIANALISIS DENGAN MODEL RASCH, UNTUK IDENTIFIKASI KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301417060 - Feby Kristiansi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu kemampuan analisis. Kemampuan analisis dapat diidentifikasi menggunakan tes diagnostik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan butir soal tes tingkat makroskopis, mikroskopis, dan simbolis, dianalisis dengan model rasch, untuk identifikasi kemampuan analisis siswa pada materi laju reaksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan desain model 4D yang tahapannya meliputi Define, Design, Development, dan Desseminate. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI dan XII MIPA SMA Negeri 2 Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kajian pustaka. Instrumen pengumpul data meliputi: lembar validasi, butir soal tes diagnostik tingkat makroskopis, mikroskopis, dan simbolis untuk identifikasi kemampuan analisis, lembar angket respon guru dan siswa. Teknik analisis data dan analisis data meliputi analisis data validasi isi oleh ahli, validasi butir dengan Item Classical Theory (ICT), dan validasi konstruk dengan Item Response Theory (IRT) model Rasch. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen tes sangat valid dan sangat layak dengan skor rata-rata 69,67. Hasil validasi angket respon guru dan siswa sangat valid dan sangat layak dengan skor rata-rata 18. Analisis data hasil uji menggunakan ICT menunjukkan nilai reliabilitas sebesar 0,774 pada uji skala kecil, 0,854 pada uji skala besar, dan 0,725 pada uji implementasi. Analisis hasil uji menggunakan Model Rasch menunjukkan nilai person reliability yang baik yaitu sebesar 0,75 pada uji skala kecil, 0,83 pada uji skala besar, dan 0,70 pada uji implementasi. Item reliability sangat tinggi yaitu sebesar 0,83 pada uji skala kecil, 0,90 pada uji skala besar, dan 0,94 pada uji implementasi. Hasil analisis angket respon guru menunjukkan nilai yang positif dengan skor 40 dari 48. Hasil angket respon siswa memiliki nilai reliabilitas alpha Cronbach yang sangat tinggi yaitu 0,840 pada uji skala kecil, 0,75 pada uji skala besar, dan 0,848 pada uji implementasi. Butir soal tes tingkat MMS untuk identifikasi kemampuan analisis memiliki persen kepraktisan sebesar 85,8%. Profil kemampuan analisis pada uji skala kecil 96,45%, uji skala besar 46,26%, uji implementasi 56,62%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Makroskopis, mikroskopis, Simbolis, Tes Diagnostik, Laju Reaksi, Kemampuan Analisis
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 05 Aug 2022 01:54
Last Modified: 05 Aug 2022 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51031

Actions (login required)

View Item View Item