STRATEGI KOMUNIKASI KYAI GAYENG DALAM PEMENANGAN GANJAR PRANOWO DAN TAJ YASIN MAIMOEN PADA PILKADA JATENG TAHUN 2018 (STUDI KASUS: KABUPATEN KENDAL)


Fanny Fadhli Hakim, 3312416075 (2021) STRATEGI KOMUNIKASI KYAI GAYENG DALAM PEMENANGAN GANJAR PRANOWO DAN TAJ YASIN MAIMOEN PADA PILKADA JATENG TAHUN 2018 (STUDI KASUS: KABUPATEN KENDAL). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3312416075 - Fanny Fadhli Hakim.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kyai adalah istilah yang digunakan masyarakat Jawa untuk menyebut Elite agama Islam. Kyai sebagai kelompok intelektual tradisional seringkali diharapkan pendapatnya dalam urusan politik. Pengaruh Kyai terhadap politik menyebabkan fenomena berdirinya Kyai Gayeng yang mendukung Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen pada Pilkada Jateng tahun 2018 di Kabupaten Kendal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) proses terbentuknya Kyai Gayeng dalam pemenangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen pada Pilkada Jateng tahun 2018 di Kabupaten Kendal; (2) strategi komunikasi Kyai Gayeng dalam pemenangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen pada Pilkada Jateng tahun 2018 di Kabupaten Kendal; (3) faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi Kyai Gayeng dalam pemenangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen pada Pilkada Jateng tahun 2018 di Kabupaten Kendal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Kabupaten Kendal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses terbentuknya Kyai Gayeng di Kabupaten Kendal merupakan bentuk ketaatan alumni Pondok Pesantren Sarang, Rembang kepada K.H. Maimoen Zubair untuk membantu pemenangan putranya yakni Taj Yasin Maimoen; (2) strategi komunikasi Kyai Gayeng di Kabupaten Kendal disampaikan dalam bentuk pengajian, dakwah atau ceramah di masjid atau majelis ta’lim menggunakan metode informatif, persuasif, redudancy, dan canalizing; (3) faktor pendukung strategi komunikasi Kyai Gayeng di Kabupaten Kendal karena persamaan identitas sebagai alumni Pondok Pesantren Sarang, Rembang, juga sebagai sesama Kyai NU, serta kondisi masyarakat kendal yang mayoritas warga NU. Sedangkan faktor penghambat disebabkan karena lokasi Kyai yang terpencar, serta keterbatasan sarana transportasi dan telekomunikasi. Saran penelitian yaitu kepada Kyai supaya melakukan penyusunan pesan, serta memanfaatkan kemudahan sarana telekomunikasi, media massa, dan media sosial dalam menyampaikan pesan kepada khalayak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Kyai Gayeng, Ganjar Pranowo, Taj Yasin Maimoen, Pilkada Jateng Tahun 2018.
Subjects: L Education > Special Education > Civic Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 05 Aug 2022 01:52
Last Modified: 05 Aug 2022 01:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51030

Actions (login required)

View Item View Item