PERSEPSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SEMARANG TENTANG NILAI-NILAI KEJUANGAN YANG TERKANDUNG DALAM PERISTIWA PERTEMPURAN LIMA HARI DI SEMARANG


Rifani Zahra, 3101417037 (2021) PERSEPSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SEMARANG TENTANG NILAI-NILAI KEJUANGAN YANG TERKANDUNG DALAM PERISTIWA PERTEMPURAN LIMA HARI DI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101417037 - Rifani Zahra.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Setiap peristiwa bersejarah, pasti selalu mengandung banyak sekali nilai yang sudah sepatutnya diimplementasikan oleh para generasi muda penerus bangsa saat ini. Ketika berbicara mengenai Peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang, maka tentu kita sedang membahas tentang sebuah perjuangan. Mirisnya, dimasa kini banyak dari generasi muda yang tidak memahami sejarah perjuangan daerahnya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran sejarah pada materi Peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang; (2) Untuk mengetahui seberapa besar peran guru mata pelajaran sejarah dalam melakukan pembinaan nilai-nilai kejuangan; (3) Untuk mengetahui persepsi siswa Kelas X SMK Negeri 1 Semarang terkait nilai-nilai kejuangan yang terkandung dalam Peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Semarang. Teknik pengumpulan data diambil dengan metode observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber serta triangulasi teknik. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini antara lain: (1) Pada masa pandemi Covid-19 pembelajaran sejarah pada materi Peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang dilakukan secara daring dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi online. Terkait tugas, guru memberikan dalam bentuk soal pilihan ganda. (2) Dalam melakukan pembinaan nilai-nilai kejuangan, guru melakukannya dengan cara yang beragam. (3) Persepsi siswa Kelas X SMK Negeri 1 Semarang terhadap nilai-nilai kejuangan yang terkandung dalam Peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang sudah cukup baik, hal tersebut dikarenakan siswa sudah familiar dengan peristiwa tersebut. Hambatan yang dialami guru saat melakukan pembinaan nilai-nilai kejuangan yaitu ada pada karakter siswa yang berbeda juga kepasifan siswa saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, SMK Negeri 1 Semarang, Nilai-nilai Kejuangan, Peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 05 Aug 2022 01:49
Last Modified: 05 Aug 2022 01:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51029

Actions (login required)

View Item View Item