KEMAMPUAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS IT DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SMA DI KABUPATEN PEMALANG


Nela Yuliana, 3101416041 (2021) KEMAMPUAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS IT DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SMA DI KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101416041 - nella yuliana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi pada abad-21 dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan pada proses pembelajaran, termasuk pembelajaran sejarah. Hal ini senada dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru juga menjelaskan bahwa guru harus memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. Serta guru juga dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Penggunaan media pembelajaran berbasis IT ini juga membantu guru dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis IT dalam pembelajaran sejarah SMA di Kabupaten Pemalang, dan (2) mengetahui potensi dan hambatan yang ditemui guru dalam penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis IT dalam pembelajaran sejarah SMA di Kabupaten Pemalang. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru dalam meningkatkan kemampuan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis IT. Serta bermanfaat bagi siswa agar lebih memahami materi pembelajaran sejarah yang diberikan oleh guru. Penelitian dilakukan di tiga SMA di Kabupaten Pemalang yakni SMA Negeri 1 Pemalang, SMA Negeri 3 Pemalang, dan SMA Negeri 1 Comal. Subjek penelitiannya adalah guru sejarah dan peserta didik yang berjumlah 22 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kemudian teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman, mencakup reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa kemampuan guru sejarah dalam penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis IT sudah cukup baik. Guru sudah terampil dalam memanfaatkan sarana teknologi informasi dan mengembangkan materi menjadi produk media berbasis IT yang menarik dan mudah diaplikasikan dalam pembelajaran sejarah. Sekolah sangat mendukung guru untuk mengembangkan kemampuannya untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran sejarah. Selain itu, guru sebaiknya lebih mengembangkan kemampuan penggunaan teknologi dalam pembelajaran dengan mengikuti workshop, belajar melalui video yang ada di youtube, artike, atau jurnal terkait media pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan guru, media pembelajaran interaktif, berbasis IT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 05 Aug 2022 01:46
Last Modified: 05 Aug 2022 01:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51027

Actions (login required)

View Item View Item