PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MUATAN PELAJARAN IPA MATERI BAGIAN TUBUH HEWAN DAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 GERGUNUNG KABUPATEN KLATEN


Uswatun Khasanah, 1401417148 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MUATAN PELAJARAN IPA MATERI BAGIAN TUBUH HEWAN DAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 GERGUNUNG KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417148 - USWATUN KHASANAH.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi terbatasnya penggunaan media dan persentase sebesar 61% dari 28 siswa hasil belajarnya di bawah KKM. Maka, diperlukan pengembangan media untuk menciptakan interaksi pembelajaran yang menyenangkan dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan dan keefektifan media komik muatan pelajaran IPA materi bagian tubuh hewan dan tumbuhan kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model rancangan ADDIE yang meliputi tahap analisis (analyze); perancangan (design); pengembangan (development); implementasi (implementation); serta evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru Kelas IV SD Negeri 01 Gergunung Kabupaten Klaten. Teknik pengumpulan data yang yaitu: wawancara, observasi, angket, tes dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data kualitatif (mengelompokkan informasi) dan kuantitatif (percentage correction, uji normalitas, uji wilcoxon serta n-gain). Hasil penelitian menunjukkan pengembangan dilakukan pada aspek komponen dan konteks tampilan media komik dinilai layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kelayakan media dibuktikan dari penilaian ahli materi dengan persentase 82% dan 84% dari ahli media. Selain itu, tanggapan dari pengguna pada uji coba produk kelompok kecil dan besar memperoleh persentase berurutan sebesar 81% dan 86% dari tanggapan siswa serta 93% dan 95% dari tanggapan guru. Keefektifan media diketahui pada uji coba produk kelompok kecil dan besar diperoleh hasil uji wilcoxon berurutan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPA; Komik; Media Pembelajaran;
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 05 Aug 2022 01:40
Last Modified: 05 Aug 2022 01:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51024

Actions (login required)

View Item View Item