IMPLEMENTASI METODE ASARENSHU (LATIHAN PAGI) PADA PELATIHAN KERJA DI LPK MAJESTA FOUNDATION BOYOLALI


Chamim Insan Alifudin, 1201417073 (2021) IMPLEMENTASI METODE ASARENSHU (LATIHAN PAGI) PADA PELATIHAN KERJA DI LPK MAJESTA FOUNDATION BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201417073 - Chamim Insan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pelatihan bahasa khususnya dalam bahasa asing dalam pelaksanaannya diperlukan pembiasaan yang diterapkan kepada peserta didik dimana pembiasaan ini dapat berupa praktek penggunaan bahasa secara langsung yang dilakukan oleh peserta didik dalam rangka untuk pendalaman materi yang sudah dipelajari di dalam kelas karena dalam pelatihan bahasa tidak bisa hanya mengandalkan pemberian materi di dalam kelas saja. LPK Majesta Foundation sebagai lembaga pelatihan kerja yang bergerak pada pelatihan bahasa dalam pelatihannya terdapat sebuah metode yang disebut dengan Asarenshu (Latihan pagi) yang berguna sebagai metode praktek langsung dalam pelatihan bahasa. Dalam pelaksanaannya pasti terdapat perencanaan, proses, serta evaluasi maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, proses, serta evaluasi dari metode Asarenshu yang dilaksanakan di LPK Majesta Foundation Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pengelola, tutor, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dalam pelaksanaan pelatihan dengan metode Asarenshu di LPK Majesta sudah tersusun dengan sangat baik mulai dari kurikulum hingga sarpras yang tersedia. Tujuannya untuk pembiasaan penggunaan bahasa jepang berdasarkan materi yang diajarkan oleh tutor. pengawas sebagai evaluator dari pelaksanaan Asarenshu. Pelaksanaan pelatihan dengan metode Asarenshu menggunakan cara dibariskan melingkar dengan tujuan agar peserta dapat fokus dengan tutor dan juga leader yang bertugas dan dilakukan sesuai dengan acuan yang sudah ditetapkan. Evaluasinya metode Asarenshu dilakukan dalam jangka panjang serta pendek atau langsung. Kendala yang muncul dalam pelaksanaan Asarenshu adalah kemampuan peserta yang berbeda-beda dan adanya perubahan kurikulum. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi metode asarenshu (Latihan pagi) pada pelatihan kerja di LPK Majesta Foundation Boyolali telah dirancang dan terlaksana dengan baik. Saran dalam penelitian ini diharapkan mengurangi pengubahan kurikulum dasar agar peserta tidak harus beradaptasi lagi dengan kurikulum baru serta upaya tutor dalam menyampaikan materi agar selalu kreatif agar tercipta suasana belajar yang menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LPK, Pelatihan, Metode Asarenshu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > Special Education > Non-formal education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 05 Aug 2022 01:37
Last Modified: 05 Aug 2022 01:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51022

Actions (login required)

View Item View Item