STRATEGI PENANAMAN NILAI ASWAJA DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (Studi pada Siswa MTs NU 09 Gemuh-Kendal)
AHMAD NUR SALIM, 3401416053 (2021) STRATEGI PENANAMAN NILAI ASWAJA DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (Studi pada Siswa MTs NU 09 Gemuh-Kendal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (STRATEGI PENANAMAN NILAI ASWAJA DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (Studi pada Siswa MTs NU 09 Gemuh-Kendal))
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penanaman nilai aswaja merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh MTs NU 09 Gemuh untuk membentuk, mendampingi dan membimbing karakter siswa menjadi karakter ala Nadliyah. Nilai aswaja yang ditanamkan kepada siswa adalah nilai Tawazun dan nilai Tasamuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan, kendala dan strategi Penanaman nilai aswaja di tengah Pandemi Covid-19 pada siswa MTs NU 09 Gemuh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di MTs NU 09 Gemuh Kabupaten Kendal. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori behaviorisme John B. Watson dan BF Skinner. . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penanaman nilai aswaja di tengah Pandemi Covid-19 pada siswa MTs NU 09 Gemuh dilakukan secara daring (online) menggunakan aplikasi whatsapp atau google classroom dengan metode pembelajaran ceramah online, (2) tahapan pelaksanaan penanaman nilai aswaja pada siswa di tengah Pandemi Covid-19 meliputi perencanaaan, pelaksanaan dan evaluasi (3) hasil dari penanaman nilai aswaja di tengah Pandemi Covid-19 adalah siswa memiliki sikap atau karakter toleransi yang tinggi, sikap menghargai perbedaan, tidak mudah menyalahkan orang lain, aktif di dalam kegiatan yang bermanfaat di lingkup sosial dan keagamaan, sikap tanggung jawab tinggi, dan memiliki keseimbangan antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan serta teknologi. Berkaitan dengan teori behaviorisme, Watson mengatakan perubahan perilaku manusia dihasilkan dari asosiasi stimulus. Pada penanaman nilai aswaja di tengah Pandemi Covid-19 membawa respon oleh siswa berupa perubahan karakter atau perilaku pada siswa menjadi karakter ala Nadliyah. Saran yang diberikan untuk penelitian ini adalah: (1)pihak MTs NU 09 Gemuh lebih mematangkan perencanaan agar tujuan pelaksanaan penanaman nilai aswaja dapat dicapai dengan maksimal; (2) penambahan SDM guru dalam pelaksanaan agar prosesnya dapat berjalan dengan lancar; (3) kerjasama dengan orang tua siswa dalam pengawasan implementasi, (4) penggunaan aplikasi Zoom atau Google meet untuk penanaman nilai aswaja daring (online) selanjutnya agar penerimaan siswa akan materi nilai aswaja lebih mendalam
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Nilai Aswaja, Penanaman, Strategi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1 |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 01:38 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 01:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51020 |
Actions (login required)
View Item |