PENGARUH PENAMBAHAN VARIASI KADAR SUPERPLASTICIZER TERHADAP WORKABILITY BETON SERAT DITINJAU DARI KUAT TEKAN, KUAT TARIK, DAN KUAT LENTUR


Siti Nurjanah, 5111417007 (2021) PENGARUH PENAMBAHAN VARIASI KADAR SUPERPLASTICIZER TERHADAP WORKABILITY BETON SERAT DITINJAU DARI KUAT TEKAN, KUAT TARIK, DAN KUAT LENTUR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5111417007 - Siti Nurjanah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penambahan fiberglass dapat menyulitkan pengerjaan pembuatan adukan beton, sehingga ditambahkan bahan superplasticizer untuk membuat adukan lebih encer. Kadar superplasticizer yang ditambahakan kedalam adukan beton dan 3% fiberglass sebesar 0%; 1,25%; 2,5%; dan 3,75%. Selain menambah workability, superplasticizer juga dapat mempercepat pengerasan beton. Pemberian dosis yang berbeda dapat memberikan efek yang berbeda pada beton. Sehingga dalam hal ini, akan ditinjau pengaruh superplasticizer pada beton dengan tambahan 3% fiberglass ditinjau dari besarnya kuat tekan, kuat tarik, dan kuat lentur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kuat tekan, kuat tarik, dan kuat lentur beton dari penambahan variasi kadar superplasticizer dan 3% fiberglass. Dari ketiga pengujian mekanik tersebut dapat diketahui efek penambahan dosis superplasticizer yang sesuai, sehingga dapat meningkatkan kekutan beton. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen di laboratorium dan menggunakan analisa deskriptif. Prosedur penelitiannya dimulai dengan pemeriksaan material agregat (pasir dan kerikil), semen, air, fiberglass dan superplasticizer. Dilanjutkan dengan pembuatan mix design, pembuatan benda uji, pengujian slump adukan, pencetakan benda uji, perawatan, pengujian benda uji, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan kuat tekan dan tarik masing maksimum pada penambahan dosis superplasticizer 1,25% dengan nilai masing-masing 18,523 MPa dan 1,957 MPa. Sedangkan kuat lentur maksimum pada penambahan dosis superplasticizer 2,5% dengan nilai 13,832 MPa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Beton, Fiberglass, Superplasticizer, Kuat Tekan, Kuat Tarik, Kuat Lentur
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:39
Last Modified: 04 Aug 2022 07:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51014

Actions (login required)

View Item View Item