INDUSTRIALISASI DAN PARTISIPASI PENDIDIKAN MASYARAKAT UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN TINGGI DI KEC. PRINGSURAT, KAB. TEMANGGUNG TAHUN 2015-2019


Zenna Pramana, 3101416019 (2021) INDUSTRIALISASI DAN PARTISIPASI PENDIDIKAN MASYARAKAT UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN TINGGI DI KEC. PRINGSURAT, KAB. TEMANGGUNG TAHUN 2015-2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101416019 - zenna pramana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Industrialisasi di Kecamatan Pringsurat telah membawa perubahan pada kehidupan masyarakat sekitar, salah satu perubahan dalam bidang pendidikan adalah pada prastisipasi pendidikan masyarakat untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengetahui perkembangan industrialisasi dan partisipasi pendidikan masyarakat untuk melanjutkan pendidikan tinggi, (2) menganalisis dampak yang timbul baik berupa sumbangan atau hambatan dari adanya industrialisasi terhadap partisipasi pendidikan masyarakat untuk melanjutkan pendidikan tinggi, (3) mengetahui perkembangan beasiswa Bidikmisi pada masyarakat Kec. Pringsurat, Kab. Temanggung tahun 2015-2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian historis dengan kajian sejarah pendidikan. Ruang lingkup pada penelitian ini meliputi, lingkup spasial dalam penelitian ini adalah Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung yang dijadikan sebagai tempat dilaksanakan penelitian, dan lingkup temporal yang merupakan kurun waktu pada penelitian ini digunakan tahun 2015-2019 sebagai lingkup waktu. Langkah-langkah dalam penelitian historis pada penelitian ini yaitu, yang pertama adalah heuristik (pengumpulan data), Kritik sumber (pemeriksaan keaslian sumber), Interpretasi (penafsiran fakta-fakta sejarah), dan yang terakhir historiografi (penulisan atau penyajian hasil penelitian). Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukan beberapa hal yaitu, perkembangan industrialisasi pada tahun 2016 menggalami peningkatan tenaga kerja yang lebih tinggi dibandingkan peningkatan tahun berikut dan sesudahnya yang diakibatkan oleh industri di Kabupaten Temanggung menggalami naik daun dan perkembangan partisipasi pendidikan masyarakat yang melanjutkan pendidikan menggalami peningkatan jumlah kenaikan di setiap tahunnya, namun peningkatan pada tahun 2016 tidak setinggi peningkatan pada tahun 2017-2019. Dampak dari industrialisasi terhadap partisipasi pendidikan masyarakat Kecamatan Pringsurat yang berupa sumbangan yaitu, dapat menstabilkan perekonomian orang tua sehingga para orang tua dapat membiayai anaknya untuk melanjutkan pendidikan, dan dampak berupa hambatan yaitu, masih terdapat beberapa remaja yang lebih memilih untuk bekerja, dengan tersedianya lapangan kerja serta keadaan ekonomi yang tidak mampu untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi. Beberapa Siswa lulusan sekolah menengah atas/sederajat di Kecamatan Pringsurat telah menerima program beasiswa Bidikmisi pada tahun 2015-2019 dengan jumlah seluruhnya 21 siswa, setiap tahunnya ada 4 sampai dengan 6 siswa yang mendapatkan beasiswa Bidikmisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Pendidikan Tinggi, Industri
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:35
Last Modified: 04 Aug 2022 07:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51012

Actions (login required)

View Item View Item