PENGARUH LATIHAN PARACHUTE 50 METER DAN LATIHAN FALLING START TERHADAP KECEPATAN LARI 100 METER (Eksperimen Atlet Putra Pandanaran Atletik Klub Semarang)


Niam Septia Akroma, 6301417045 (2021) PENGARUH LATIHAN PARACHUTE 50 METER DAN LATIHAN FALLING START TERHADAP KECEPATAN LARI 100 METER (Eksperimen Atlet Putra Pandanaran Atletik Klub Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301417045 - Niam Septia Akroma.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil eksperimen latihan kecepatan dengan parachute 50 meter dan latihan falling start terhadap kecepatan lari 100 meter, karena program latihan ini hanya diberikan beberapa kali oleh pelatih. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh latihan parachute 50 meter, 2) untuk mengetahui pengaruh latihan falling start, 3) mengetahui manakah yang mempunyai pengaruh lebih besar terhadap kecepatan lari 100 meter. Penelitian ini berupa penelitian eksperimen yang dilakukan untuk mengetahui akibat yang ditimbulkan dari suatu perlakuaan yang diberikan secara sengaja oleh peneliti. Metode yang diperkirakan berdampak pada peningkatan prestasi atlet. Metode penelitian eksperimen ini dengan percobaan tes awal dan kemudian diberikan perlakuan, diakhiri dengan tes akhir. Populasi dari penelitian ini berjumlah 60 atlet dan dari kriteria penelitian peneliti mengambil sambel 6 atlet. Desain pada model ini ada 2 macam perlakuan pada 2 kelompok eksperimen, dengan ini peneliti ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh pre-test terhadap post-test. Hasil penelitian ini adalah latihan yang diberikan kelompok eksperimen A yaitu latihan parachute 50 meter ada pengaruh yang signifikan yaitu dengan hasil data statistik saat pre-test 12,20 detik, post-test 11,77 detik dengan selisih perubahan 0,43 detik. Sedangkan latihan yang diberikan kelompok eksperimen B yaitu latihan falling start ada pengaruh yang sedikit dengan hasil data statistik saat pre-test 12,60 detik, post-test 12,48 detik dengan selisih perubahan 0,12 detik. Dilihat dari hasil data statistik, latihan yang diberikan kelompok eksperimen A yaitu latihan parachute 50 meter lebih besar pengaruhnya daripada latihan yang diberikan kelompok eksperimen B yaitu latihan falling start. Berdasarkan hasil yang didapat maka dapat disimpulkan bahwa latihan parachute dapat meningkatkan kecepatan lari 100 meter. Latihan parachute sangat cocok dan baik pada peningkatan kecepatan maksimal untuk atlet lari jarak pendek 100 meter. Saran untuk pelatih agar latihan tersebut untuk diberikan ke atlet dengan memperhatikan teknik gerakan yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Kecepatan, Reaksi, Akselerasi, Parachute
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:26
Last Modified: 04 Aug 2022 07:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51010

Actions (login required)

View Item View Item