PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA


Puspa Regina Putri, 4401417049 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401417049 - Puspa Regina Putri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Era pendidikan saat ini menuntut generasi muda memiliki berbagai keterampilan yang harus dikuasai sesuai dengan kiteria abad ke-21 yang salah satunya adalah keterampilan literasi sains dimana literasi sains adalah kemampuan mengaplikasikan sains dalam konteks kehidupan sehari-hari. Namun berdasarkan program PISA dan TIMSS kemampuan literasi sains siswa Indonesia masih sangat rendah dan diurutan bawah dari negara-negara lain. Kemudian data hasil persentase penguasaan materi sistem ekskresi pada soal UN SMA/MA tahun pelajaran 2017/2018 pun masih rendah. Selain itu berdasarkan wawancara dengan guru biologi SMA Negeri 1 Banjarnegara, pembelajaran bologi selama pandemi belum optimal dan membutuhkan inovasi bahan ajar yang mampu membuat siswa menjadi lebih aktif. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan, kepraktisan dan keefektifan LKPD berbasis discovery learning materi sistem ekskresi untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan langkah-langakah sebagai berikut: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, angket, dan tes Pretest-Posttest. Teknik analisis data yaitu dengan deskriptif, deskriptif persentase, dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa LKPD berbasis discovery learning materi sistem ekskresi sangat layak digunakan dengan hasil persentase uji validitas ahli materi sebesar 94,79% dan hasil persentase uji validitas ahli media sebesar 84,72%. Dan juga LKPD berbasis discovery learning materi sistem ekskresi dinyatakan praktis digunakan dengan hasil rata-rata persentase uji kepraktisan oleh guru sebesar 87% dan hasil rata-rata persentase uji kepraktisan oleh siswa sebesar 93,7%. Hasil N-Gain data pretest dan posttest sebanyak 83% siswa tuntas memperoleh peningkatan literasi sains skala sedang hingga tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah LKPD berbasis discovery learning materi sistem ekskresi valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran menurut ahli materi, ahli media, guru dan siswa. Serta LKPD berbasis discovery learning materi sistem ekskresi efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa SMA

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKPD, sistem ekskresi, discovery learning, literasi sains
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:23
Last Modified: 04 Aug 2022 07:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51007

Actions (login required)

View Item View Item