PROFITABILITAS SEBAGAI PEMODERASI PADA PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT YANG DIPENGARUHI OLEH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN LIKUIDITAS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SRI-KEHATI PERIODE 2016–2019


WINDA ISLAMIATI, 7211417037 (2021) PROFITABILITAS SEBAGAI PEMODERASI PADA PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT YANG DIPENGARUHI OLEH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN LIKUIDITAS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SRI-KEHATI PERIODE 2016–2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211417037 - Winda Islamiati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan utama berdirinya sebuah perusahaan dalam sudut pandang ekonomi adalah memperoleh keuntungan. Kentungan yang maksimal dapat membantu perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan usahanya. Akan tetapi, perusahaan sering acuh terhadap dampak sosial dan lingkungan yang terjadi. Oleh karena itu, perusahaan perlu menerbitkan sustainability report sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan likuiditas terhadap pengungkapan sustainability report dengan menggunakan profitabilitas sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Indeks Sri-Kehati Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 14 sampel perusahaan dengan 56 unit analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dengan mengumpulkan annual report dan sustainability report melalui laman www.idx.co.id dan website resmi masing�masing perusahaan. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, leverage, dan likuiditas secara simultan berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report. Secara parsial menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report. Sedangkan, leverage dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report. Profitabilitas yang diharapkan dapat memoderasi hubungan ukuran perusahaan, leverage, dan likuiditas terhadap pengungkapan sustainability report tidak terbukti sebagai variabel moderating, sehingga tidak berpengaruh dalam memperkuat atau memperlemah hubungan variabel dependen terhadap variabel independen. Simpulan dari penelitian ini adalah dari enam hipotesis, hanya satu hipotesis yang diterima, yaitu ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan sustainability report. Peneliti selanjutnya diharapkan mengganti sampel penelitian serta menambahkan variabel lain untuk memperoleh hasil penelitian yang lebih maksimal mengingat pengaruh yang diberikan oleh variabel independen pada penelitian ini masih rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas, Profitabilitas, Sustainability Report.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:11
Last Modified: 04 Aug 2022 07:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51003

Actions (login required)

View Item View Item