“Pengaruh Pelaksanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum 2004 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Atas Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Semarang”


Amerdila Eka Yuniarti, 3301401134 (2005) “Pengaruh Pelaksanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum 2004 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Atas Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Semarang”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “Pengaruh Pelaksanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum 2004 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Atas Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Semarang”]
Preview
PDF (“Pengaruh Pelaksanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum 2004 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Atas Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Semarang”) - Published Version
Download (256kB) | Preview

Abstract

Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial (PS) adalah mata pelajaran yang baru dalam kurikulum 2004, tetapi pada dasarnya hanya merupakan penggabungan mata pelajaran ekonomi, geografi, dan sejarah. Dengan adanya perubahan kurikulum tersebut dapat mengetahui seberapa besar kompetensi siswa termasuk dalam mata pelajaran pengetahuan sosial. Seperti diketahui bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2004. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2004 terhadap prestasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran pengetahuan sosial di SMP Negeri 2 Semarang ? (2) Seberapa besar pengaruh pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2004 terhadap prestasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran pengetahuan sosial di SMP Negeri 2 Semarang ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2004 terhadap prestasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran pengetahuan sosial di SMP Negeri 2 Semarang , (2) Untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh pengaruh pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2004 terhadap prestasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran pengetahuan sosial di SMP Negeri 2 Semarang, (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2004 terhadap prestasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran pengetahuan sosial di SMP Negeri 2 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Semarang, adapun populasi seluruhnya adalah 329 siswa dengan sampel sebanyak 77 siswa dengan persentase ketidaktelitian 10 % dari populasi 329 orang. Ada 2 (dua) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) Pelaksanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum 2004 (X) yang terdiri dari pelaksanaan pembelajaran , metode pembelajaran, media pembelajaran, peningkatan kualitas pembelajaran, dan lingkungan pembelajaran, (2) Prestasi Belajar sebagai variabel (Y) yaitu nilai rata – rata rapor ulangan umum semester I. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode angket atau kuesioner, metode observasi, dan metode wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2004 terhadap prestasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran pengetahuan sosial di SMP Negeri 2 Semarang dibuktikan dengan hasil perhitungan rxy = 0,6845. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2004 berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran pengetahuan sosial. Besarnya sumbangan efektif pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2004 terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran pengetahuan sosial adalah 46,85% ditunjukkan dari perhitungan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak baik sekolah, guru maupun, siswa. Pihak sekolah dapat lebih meningkatkan kondisi lingkungan belajar siswa seperti pada peningkatan fasilitas belajar. Selain itu, guru perlu adanya penguasaan terhadap seluruh bidang studi pada mata pelajaran pengetahuan sosial. Sedangkan siswa diharapkan dapat menggunakan fasilitas yang ada di sekolah dan mengerjakan setiap tugas yang yang diberikan untuk meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pembelajaran, Kurikulum 2004, Prestasi, Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 29 Mar 2011 05:46
Last Modified: 25 Apr 2015 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item