PENGARUH FRAUD DIAMOND TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK DENGAN KEGIATAN EKSTRAKULIKULER SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA S1 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2018


Atika Nurdiana, 7101417001 (2021) PENGARUH FRAUD DIAMOND TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK DENGAN KEGIATAN EKSTRAKULIKULER SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA S1 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2018. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGARUH FRAUD DIAMOND TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK DENGAN KEGIATAN EKSTRAKULIKULER SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA S1 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2018] PDF (PENGARUH FRAUD DIAMOND TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK DENGAN KEGIATAN EKSTRAKULIKULER SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA S1 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2018) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kecurangan akademik adalah perilaku ketidakjujuran yang dilakukan dengan sengaja oleh seseorang yang tidak bertanggungjawab di lingkungan akademik dengan menggunakan segala cara untuk memperoleh keuntungan bagi dirinya sendiri berupa prestasi akademik yaitu nilai yang tinggi. Tujuan penelitian adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara tekanan, kesempatan rasionalisasi, dan kemampuan terhadap perilaku kecurangan akademik dengan kegiatan ekstrakulikuler sebagai variabel moderasi pada mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang angkatan 2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 7.029 mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang angkatan 2018. Sampel diambil menggunakan rumus Slovin sebanyak 379 mahasiswa, teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa perilaku kecurangan akademik, kemampuan dan kegiatan ekstrakulikuler kedalam kategori rendah, tekanan, kesempatan dan rasionalisasi kedalam kategori cukup tinggi. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa tekanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik sebesar 11,36%. Kesempatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik sebesar 5,52%. Rasionalisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik sebesar 18,84%. Kemampuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik sebesar 42,77%. Kegiatan ekstrakulikuler mampu memperkuat pengaruh tekanan, rasionalisasi dan kemampuan terhadap perilaku kecurangan akademik. Kegiatan ekstrakulikuler tidak mampu memoderasi pengaruh kesempatan terhadap kecurangan akademik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dimensi fraud diamond yang terdiri dari tekanan, kesempatan, rasionalisasi, dan kemampuan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik. Kegiatan ekstrakulikuler mampu memperkuat pengaruh tekanan, rasionalisasi dan kemampuan terhadap perilaku kecurangan akademik. Kegiatan ekstrakulikuler tidak mampu memoderasi pengaruh kesempatan terhadap kecurangan akademik. Saran dari penelitian ini pengawas ujian dapat memperketat pengawasan dan mahasiswa dapat mengatur waktu dengan baik dan dapat menumbuhkan kepercayaan diri, sehingga dapat meminimalisasi kecurangan akademik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Kecurangan Akademik, Tekanan, Kesempatan, Rasionalisasi, Kemampuan, Fraud Diamond, Kegiatan Ekstrakulikuler.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:02
Last Modified: 04 Aug 2022 07:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50996

Actions (login required)

View Item View Item