HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS CANDRADIMUKA KECAMATAN KERTEK KABUPATEN WONOSOBO


Lisana Latifa, 1401417215 (2021) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS CANDRADIMUKA KECAMATAN KERTEK KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417215 - Lisana Latifa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Keterlibatan keluarga khususnya pemilihan pola asuh orang tua semakin berpengaruh pada pendidikan siswa saat ini. Faktor lain yang mempengaruhi pendidikan siswa yaitu kedisiplinannya. Namun, pemilihan pola asuh orang tua dan kurangnya kedisiplinan siswa menjadi permasalahan di Gugus Candradimuka Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo yang ditemukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah ada hubungan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar muatan pembelajaran IPS; (2) apakah ada hubungan kedisiplinan terhadap hasil belajar muatan pembelajaran IPS; (3) apakah ada hubungan antara pola asuh orang tua dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar muatan pembelajaran IPS. Penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dan teknik cluster sampling dengan jumlah populasi 269 dan sampel sebanyal 152 responden. Teknik pengumpulan data penelitian ini ialah angket, wawancara, dan dokumentasi. Sebelum melakukan analisis hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Setelah data memenuhi uji prasyarat, selanjutnya data dianalisis dengan statistik desktiptif, korelasi sederhana, korelasi berganda, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan hasil belajar IPS sebesar 0,454 dengan kontribusi sebesar 21%; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan siswa dan hasil belajar IPS sebesar 0,677 dengan kontribusi sebesar 46%; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan kedisiplinan siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS sebesar 0,701 dengan kontribusi sebesar 49%. Simpulan dalam penelitian ini ialah terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Candradimuka Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo. Saran yang dapat disampaikan yaitu orang tua dapat menerapkan pola asuh yang sesuai dengan keadaan siswa, serta guru dan orang tua lebih bekerjasama dalam peningkatan kedisiplinan siswa sehingga mampu meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pola asuh, orang tua, kedisiplinan, hasil belajar, IPS
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 04 Aug 2022 06:39
Last Modified: 04 Aug 2022 06:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50989

Actions (login required)

View Item View Item