PRESERVASI PREVENTIF ARSIP PRABENCANA BANJIR ROB (STUDI KASUS DI DESA SRIWULAN KECAMATAN SAYUNG KABUPATEN DEMAK)


Ilma Nafia Indah Isnaini, 7101416090 (2021) PRESERVASI PREVENTIF ARSIP PRABENCANA BANJIR ROB (STUDI KASUS DI DESA SRIWULAN KECAMATAN SAYUNG KABUPATEN DEMAK). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PRESERVASI PREVENTIF ARSIP PRABENCANA BANJIR ROB (STUDI KASUS DI DESA SRIWULAN KECAMATAN SAYUNG KABUPATEN DEMAK)] PDF (PRESERVASI PREVENTIF ARSIP PRABENCANA BANJIR ROB (STUDI KASUS DI DESA SRIWULAN KECAMATAN SAYUNG KABUPATEN DEMAK)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Menjaga arsip dari kerusakan maupun kehilangan untuk mengamankan informasi arsip selama arsip masih mempunyai nilai guna sangat diperlukan, demi kelancaran penyelenggaraan administrasi. Kantor desa Sriwulan dipilih menjadi lokasi penelitian karena berdasarkan hasil observasi awal, kantor ini terdampak bencana rob dan mempengaruhi penyimpanan arsipnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengidentifikasi arsip yang dimiliki oleh Kantor Desa Sriwulan, 2) mengetahui faktor perusak arsip di Kantor Desa Sriwulan 3) mengetahui penanganan preservasi arsip dinamis prabencana rob. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data yang dilakukan dengan triangulasi sumber dan tehnik. Informan dalam penelitian ini adalah, kepala desa, sekretaris desa, Kepala Urusan Pemerintahan dan Umum, Kepala Urusan Keuangan, Modin, dan Kadus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arsip yang dikelola oleh kantor desa Sriwulan adalah KK, KTP, Surat Kelahiran, Surat Kematian, Surat Waris, dan dokumen dana desa. Faktor perusak arsip di Kantor Desa Sriwulan adalah banjir rob dan tidak stabilnya suhu ruang (udara lembab) . Kegiatan preservasi arsip dinamis prabencana rob yang dilakukan adalah menaikkan ke tempat yang lebih tinggi, digitalisasi arsip (memindai arsip), dan pembuatan tanggul agar air tidak memasuki ruangan. Kesimpulan dari penelitian ini, arsip yang dikelola oleh Kantor Desa Sriwulan adalah KK, KTP, Surat Kelahiran, Surat Kematian, Surat Waris dan dokumen dana desa. Faktor faktor perusak arsip di Kantor Desa Sriwulan adalah banjir rob dan tidak stabilnya suhu ruang (udara lembab). Kegiatan preservasi preventif arsip dinamis prabencana rob tidak dilakukan sesuai dengan Keputusan Gubernur Jawa Tengah No 110 Tahun 2003 karena terkedala sarana prasarana yang belum memadahi dan tidak adanya regulasi yang tepat terkait kegiatan preservasi prabencana rob. Saran yang diberikan oleh penulis adalah sebaiknya Kantor Desa Sriwulan memperhatikan aspek sarana dan prasarana yang digunakan serta mengatur ruangan yang belum tertata rapi agar sesuai dengan standar ruang arsip dan menentukan regulasi yang jelas terkait kegiatan preservasi arsip prabencana rob.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Arsip, Preservasi, Prabencana
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 04 Aug 2022 06:34
Last Modified: 04 Aug 2022 06:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50988

Actions (login required)

View Item View Item