FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT PARTISIPASI LANSIA PADA PROGRAM POSYANDU LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS RAKIT 1 KABUPATEN BANJARNEGARA


Anisa Prabaningrum, 6411417046 (2021) FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT PARTISIPASI LANSIA PADA PROGRAM POSYANDU LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS RAKIT 1 KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411417046 - Anisa Prabaningrum.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Jumlah Lansia di Indonesia meningkat yaitu sebanyak 25,95 juta pada tahun 2019 menjadi 26,82 juta pada tahun 2020. Pemerintah mengupayakan dengan program Posyandu Lansia. Desa Gelang RW 3 merupakan wilayah kerja Puskesmas Rakit 1 yang memiliki persentase kunjungan lansia yang menurun yaitu 25,75% pada bulan September dan 16,5% pada bulan Oktober. Hal ini disebabkan oleh kondisi fisik lansia dan kekhawatiran lansia apabila penyakitnya terungkap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui partisipasi lansia dan faktor pendukung serta penghambat partisipasi lansia. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam kepada 7 orang. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi kepada 5 orang. Partisipasi lansia di wilayah RW3 Desa Gelang berupa partisipasi sosial, memberikan usulan, dan juga memberikan kas secara sukarela. Persentase kunjungan lansia saat penelitian hanya 10,62%. Hal ini karena faktor pendukung berupa sikap respon positif lansia, dukungan teman sebaya (silaturahmi dan senam bersama), aksesibilitas, dan petugas yang ramah. Adapun faktor penghambatnya yaitu faktor demografi (kondisi fisik lansia dan kesibukan lansia), sikap lansia, ketersediaan sumberdaya kesehatan, dukungan keluarga, screening lansia, dan pengetahuan lansia. Partisipasi lansia masih rendah sehingga perlu upaya dari kader dan tokoh masyarakat untuk mengatasi faktor penghambat sehingga dapat meningkatkan kunjungan lansia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor Pendukung, Faktor Penghambat, Partisipsi Lansia
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:22
Last Modified: 04 Aug 2022 04:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50980

Actions (login required)

View Item View Item