PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF m-Excretory UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI


Diyas Ratnaningsih Widiastuti, 4401417047 (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF m-Excretory UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401417047 - Diyas Ratna.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena tingginya perkembangan IPTEK yang belum diiringi dengan pemanfaatan untuk mendukung proses belajar seperti penggunaan e-Learning. Rendahnya motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis pada materi sistem ekskresi siswa SMA Negeri 1 Prembun dan proses belajar mengajar yang masih cenderung pasif. Tujuan penelitian untuk mengetahui validitas multimedia interaktif m-Excretory dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA materi sistem ekskresi menurut para ahli. Untuk menganalisis kepraktisan multimedia interaktif m-Excretory dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi sistem ekskresi menurut guru dan siswa. Selanjutnya, untuk menganalisis keefektifan multimedia interaktif m-Excretory dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi sistem ekskresi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D). Produk yang telah dibuat divalidasi oleh ahli materi dan ahli media sebelum dilakukan uji skala kecil. Adapun rata-rata hasil validasi materi sebesar 87% dan skor validasi media 96,5%. Uji skala kecil dilakukan untuk menganalisis kepraktisan produk yang dilakukan oleh siswa kelas XII SMA dan guru pengampu mata pelajaran biologi. Hasil uji kepraktisan yang dilakukan oleh guru memiliki rata-rata skor 94,05% dan menurut siswa 90%. Kemudian, dilakukan uji skala besar untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan multimedia interaktif m-Excretory yang dilakukan pada kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, dan XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Prembun. Hasilnya, rata-rata nilai gain 0,775 dan rata-rata hasil post test siswa 91,02. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh simpulan bahwa multimedia interaktif m�Excretory valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi sistem ekskresi menurut para ahli, guru, dan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, m-excretory, berpikir kritis, materi sistem ekskresi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:01
Last Modified: 04 Aug 2022 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50975

Actions (login required)

View Item View Item