PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT


Fifi Amalia Luthfiana, 4301417053 (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301417053 - Fifi Amalia Luthfiana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan yang dilakukan secara berulang dan bertujuan untuk menghasilkan gagasan atau ide yang kreatif dan unik dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan e-modul berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi larutan eletrolit dan nonelektrolit. Jenis penelititan yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan subjek penelitian siswa kelas X MIPA 1 MAN 1 Bandar Lampung. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan random sampling. Prosedur pengembangan e-modul mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan tahapan meliputi analysis, design, development, implementation dan evaluation. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Angket yang digunakan berupa angket validasi media, materi, validasi soal dan efektivitas. Tes yang digunakan berupa prestest-posttest kepada siswa untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa setelah pembelajaran menggunakan e-modul. E-modul berbasis PBL yang digunakan adalah uji kelayakan e-modul, analisis kemampuan berpikir kreatif, validitas, dan uji n-gain. Hasil uji kelayakan e-modul dari ahli media memperoleh nilai 85,08% dan ahli materi memperoleh nilai 85,96%, keduanya termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil respon siswa memperoleh nilai 85,44% termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil respon guru memperoleh nilai 88,75% termasuk dalam kategori sangat baik. Peningkatan nilai pretest dan posttest diketahui dari selisih nilai rata-rata sebesar 19,3. Kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan terlihat dari rata-rata n-gain sebesar 0,6417 yang termasuk dalam sumbangan sedang. E-modul yang dikembangkan tidak hanya berisi tulisan melainkan dilengkapi dengan gambar dan video yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi. E-modul dapat diakses siswa melalui smartphone atau laptop dan penggunaannya tidak membutuhkan aplikasi tambahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-modul, problem based learning (PBL), kemampuan berpikir kreatif, larutan elektrolit dan nonelektrolit.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:54
Last Modified: 04 Aug 2022 03:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50973

Actions (login required)

View Item View Item