HUBUNGAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN PERKEMBANGAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI


SITI ROHIMA, 1601417039 (2021) HUBUNGAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN PERKEMBANGAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601417039 - Himaa S.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Sistem pembelajaran online merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan internet dalam proses pembelajarannya. Penerapan sistem pembelajaran online ini diharapkan mampu menfasilitasi para pendidik untuk tetap memberikan stimulus dan ransangan perkembangan yang dibutuhkan oleh anak selama masa pandemi COVID-19. Kebutuhan anak akan stimulus dan rangsangan untuk perkembangan aspek-aspek mereka, salah satunya pada aspek sosial emosional mereka. Aspek sosial emosional anak merupakan aspek yang sangat penting untuk menunjang kehidupan anak dalam proses mereka yang berhubungan dengan orang lain maupun dengan diri mereka sendiri. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara sistem pembelajaran online dengan perkembangan aspek sosial emosional anak usia dini di KB-TK Islam Al Azhar 29 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunakan dua skala, yaitu Skala Sistem Pembelajaran Online dan Skala Perkembangan Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik yang bersekolah di KB-TK Islam Al Azhar 29 Semarang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 38 responden dengan syarat pengambilan sampelnya yaitu anak yang berusia 5-6 tahun (kelompok B) di TK Islam Al Azhar 29. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikan dari variabel X dan variabel Y sebesar 0,000. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan diantara kedua variabel tersebut. Nilai koefisien korelasi dari kedua variabel sebesar 0,763. Arah hubungan antara sistem pembelajaran online dengan perkembangan aspek sosial emosional anak usia dini adalah positif, yang artinya semakin baik dan maksimal pelaksanaan dalam proses penerapan sistem pembelajaran online yang diterapkan dalam berbagai bentuk kegiatan, maka akan semakin baik pula perkembangan aspek sosial emosional anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem pembelajaran online, aspek perkembangan sosial emosional, anak usia dini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:36
Last Modified: 04 Aug 2022 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50970

Actions (login required)

View Item View Item