PENGEMBANGAN E-BOOKLET BERBASIS WEB SEBAGAI BAHAN AJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SEMBATURAGUNG 02 KECAMATAN JAKENAN KABUPATEN PATI


Devi Asinta, 1401417218 (2021) PENGEMBANGAN E-BOOKLET BERBASIS WEB SEBAGAI BAHAN AJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SEMBATURAGUNG 02 KECAMATAN JAKENAN KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417218 - Devi Asinta.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran pada kelas V SDN Sembaturagung 02 terkait bahan ajar. Materi dalam bahan ajar kurang mendalam. Siswa kurang tertarik membaca buku ajar. Kendala sarana dan waktu pembelajaran daring. Siswa kesulitan dalam muatan pembelajaran IPS materi peristiwa bersejarah seperti peristiwa lahirnya Pancasila. Siswa memerlukan alternatif bahan ajar yang menarik serta dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain, menguji kelayakan, dan menguji kefektifan e-booklet berbasis web sebagai bahan ajar muatan IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sembaturagung 02. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg dan Gall melalui pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN Sembaturagung 02. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Teknis analisis data yang dilakukan meliputi analisis data awal dengan uji normalitas (Liliefors) serta analisis data akhir dengan uji t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-booklet berbasis web dapat dikembangkan, layak digunakan, serta efektif meningkatkan hasil belajar. Dinyatakan sangat layak oleh validator ahli dengan presentase penilaian 90% dari ahli materi dan 88% dari ahli media, serta memperoleh tanggapan sangat positif dengan presentase tanggapan guru sebesar 82% dan tanggapan siswa sebesar 95%. Berdasarkan uji t-test dengan hasil - (-13,64) < - (-1,70) maka Ha diterima serta uji n-gain dengan hasil sebesar 0,64 yang termasuk kategori sedang. Simpulan penelitian ini yaitu e-booklet berbasis web berhasil dikembangkan, sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sembaturagung 02 pada muatan pembelajaran IPS materi peritiwa lahirnya Pancasila. Saran peneliti yaitu e�booklet berbasis web selanjutnya dapat dikembangkan untuk muatan pembelajaran serta materi yang lain dengan beberapa fitur tambahan.Saran penelitian yaitu e-booklet berbasis web dapat digunakan sebagai bahan ajar muatan pembelejaran IPS maupun muatan pembelajaran lain dengan modifikasi dan inovasi yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : berbasis web; e-booklet; hasil belajar; IPS
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:32
Last Modified: 04 Aug 2022 03:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50969

Actions (login required)

View Item View Item