PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SWAY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING PADA MUPEL IPS KELAS IV SDN 01 BEBEL KABUPATEN PEKALONGAN
Zida Nur Faza, 1401417199 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SWAY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING PADA MUPEL IPS KELAS IV SDN 01 BEBEL KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
IPS merupakan salah satu mupel yang diberikan pada siswa guna memberikan ketrampilan siswa untuk menjadi warga negara yang baik dan dapat bermasyarakat pada lingkungannya dengan baik. Hasil dari pra penelitian di kelasIV SD Negeri 01 Bebel Kabupaten Pekalongan, ditemukan bahwa tingkat ketidak tuntasan hasil belajar siswa pada mupel IPS lebih banyak dibandingkan dengan mupel IPA, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika,dan Bahasa Jawa. Dalam proses pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan belum menerapkan model pembelajaran yang inovatif dan belum diterapkan media pembelajaran yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan media pembejalan interaktif berbasis aplikasi sway; (2) menguji kelayakan media pembelejaran interkatif berbasis aplikasi sway; (3) menguji keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi sway pada kelas IV SD Negeri 01 Bebel Kabupaten Pekalongan pada materi pakaian adat di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (RnD) dengan model Borg& Gall. Penelitian ini dibatasi dengan 8 tahap, yaitu : analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase yang didapat dari ahli materi 86% dengan kategori sangat layak. Persentase yang didapat dari ahli media 81% dengan kategori sangat layak. Persentase yang didapat dari ahli praktisi 86% dengan kategori sangat layak. Hasil belajar yang didapatkan dari kelas uji kelompok besar mengalami peningkatan dengan perolehan peningkatan sedang dengan nilai uji N-Gain 0,62. Dengan rata-rata hasil belajar pretest 46 dan rata�rata hasil belajar posttest 79,5. Angket tanggapan siswa dan guru menunjukkan respon positif dengan kategoi sangat layak. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi sway yang dalam pengaplikasiannya menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa mupel IPS. Saran dalam dalam penelitian ini, agar media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi sway dapat dikembangkan kembali sebagai media pembelajaran dalam mupel lainnya
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran interaktif ;model pembelajaran; mupel IPS; sway |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > Special Education > Primary school education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kharisma ADHIARYA |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 03:28 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 03:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50968 |
Actions (login required)
View Item |