ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN FRASA PADA KARANGAN EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 5 SEMARANG


Yun Nur Aeni, 2101417026 (2021) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN FRASA PADA KARANGAN EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 5 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417199 - zida nur faza.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Kesalahan berbahasa dapat mempengaruhi hasil belajar dan tujuan pembelajaran peserta didik sehingga tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai secara maksimal. Penelitian ini mengkaji aspek kesalahan berbahasa tataran frasa pada karangan eksposisi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Semarang serta penyebab terjadinya kesalahan berbahasa tataran frasa pada karangan eksposisi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Semarang. Sebagai upaya untuk mengurangi kesalahan berbahasa tataran frasa serta membiasakan peserta didik untuk menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek kesalahan berbahasa tataran frasa pada karangan eksposisi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Semarang dan mendeskripsikan penyebab kesalahan berbahasa tataran frasa pada karangan eksposisi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu triangulasi data. Tahapan yang dilakukan dalam analisis data yaitu pemilihan data dengan melakukan pendataan kesalahan berbahasa tataran frasa, mengelompokkan kesalahan berbahasa tataran frasa ke dalam berbagai aspeknya, pemberian nomor data pada kartu data, menyajikan analisis data yang telah dikelompokkan ke dalam bentuk deskripsi, membahas hasil analisis data berdasarkan rumusan masalah, dan membuat laporan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 18 aspek kesalahan berbahasa tataran frasa, Dari 18 aspek tersebut ditemukan 237 kesalahan, yaitu: kesalahan akibat pengaruh bahasa ibu sebanyak 20 kesalahan dengan persentase 8%, kemudian salah susunan sebanyak 11 kesalahan dengan persentase 5%, selanjutnya salah karena berlebihan sebanyak 48 kesalahan dengan persentase 20%, kemudian frasa berkata depan tidak tepat sebanyak 78 kesalahan dengan persentase 33%, selanjutnya frasa yang salah pengulangan sebanyak 3 kesalahan dengan persentase 1%. Aspek kesalahan penambahan kata tertentu pada frasa yang unsurnya tidak terpisahkan sebanyak 54 kesalahan dengan persentase 25% dan kesalahan penghilangan kata tertentu yang menghubungkan bagian-bagian frasa ditemukan 23 kesalahan dengan persentase 10%. Penyebab kesalahan berbahasa tataran frasa dalam karangan eksposisi peserta didik kelas VIII SMP N 5 Semarang ada 4, yaitu terpengaruh penggunaan bahasa ibu, pengajaran bahasa yang kurang tepat, kekurangpahaman pemakai bahasa terhadap bahasa yang dipakai, dan kesalahan yang berkelanjutan. Saran yang ingin disampaikan oleh peneliti, yaitu penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan analisis kesalahan berbahasa tataran frasa pada karangan eksposisi peserta didik, dapat meneliti tentang penerapan metode dan media pembelajaran yang tepat untuk peserta didik, diharapkan dapat mempermudah peserta didik dalam penguasaan materi, sehingga dapat mengurangi kesalahan berbahasa peserta didik. Selain itu, peserta didik harus mulai membiasakan diri untuk menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai kaidah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, tataran frasa, karangan eksposisi
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:23
Last Modified: 04 Aug 2022 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50967

Actions (login required)

View Item View Item