PENGEMBANGAN E-LKPD ASAM BASA BERMUATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MEMBEKALI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK


Sulistyawati, 4301417002 (2021) PENGEMBANGAN E-LKPD ASAM BASA BERMUATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MEMBEKALI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301417002 - Sulistyawati Unnes.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan yang dapat membantu peserta didik dalam berpikir tingkat tinggi dan menyelesaikan masalah, serta beradaptasi dengan kehidupan di masa mendatang. Kemampuan berpikir kreatif peserta didik dapat dibekali dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan E-LKPD yang bermuatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). E-LKPD bermuatan STEM dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia seperti materi asam basa. Materi asam basa merupakan materi yang kontekstual dengan kehidupan sehari-hari dan menjadi materi dasar untuk materi selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis karakteristik, kelayakan, dan kepraktisan E�LKPD asam basa bermuatan STEM dalam membekali kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Metode penelitian menggunakan desain penelitian ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Hasil penelitian menunjukkan E-LKPD asam basa bermuatan STEM memiliki karakteristik yang memuat aspek STEM yang relevan sekaligus pertanyaan yang memuat indikator berpikir kreatif. E-LKPD dinyatakan layak oleh validator ahli media dan materi dengan skor rata-rata 52 dan 69 atau 86.6% dan 87.5%. E-LKPD dinyatakan praktis dalam uji coba skala kecil dan besar dengan rata-rata skor berturut-turut 60.75 dan 61.43 atau 75.93% dan 76.78%. E-LKPD asam basa bermuatan STEM yang telah dibuat dapat membekali kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif, STEM, E-LKPD Asam Basa
Subjects: L Education > L Education (General) > learning activity
L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:13
Last Modified: 04 Aug 2022 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50958

Actions (login required)

View Item View Item