PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SCIENCE ADVENTURE EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN


Novi Nur Wahyuni, 4001416061 (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SCIENCE ADVENTURE EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001416061 - Novi Nur Wahyuni.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan dan mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran science adventure edutainment untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini hanya dibatasi pada pengembangan silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Diskusi Siswa (LDS) dan soal. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D). Lokasi penelitian di SMP Negeri 8 Magelang. Pelaksanaan penelitian pada semester genap tahun 2019/2020. Desain penelitian yang digunakan yaitu 4D. Namun, dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan, yaitu uji kelayakan dengan validasi ahli. Indikator kemampuan berpikir kritis yang digunakan merujuk pada pendapat Ennis (2011) yaitu: (1) siswa memahami permasalahan pada soal yang diberikan, (2) siswa membuat kesimpulan dengan tepat, (3) jika terdapat istilah dalam soal, siswa dapat menjelaskan hal tersebut, (4) siswa meneliti/mengecek kembali secara menyeluruh mulai dari awal sampai akhir. Kelayakan perangkat pembelajaran diperoleh dari hasil validasi kelayakan oleh validator yang terdiri dari dua dosen dan tiga guru IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran science adventure edutainment untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa berhasil dikembangkan dengan menggunakan model 4D yang telah dimodifikasi, meliputi tahap define, design, develop, serta revisi terhadap masukkan yang diberikan validator. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memperoleh hasil kelayakan dengan persentase rata-rata pada silabus sebesar 90, 83% (sangat layak), RPP sebesar 93% (sangat layak), LDS sebesar 95% (sangat layak), dan soal sebesar 90, 83% (sangat layak).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Science Adventure Edutainment, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > Educational Institutions > learning facilities
L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 04 Aug 2022 01:58
Last Modified: 04 Aug 2022 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50954

Actions (login required)

View Item View Item