PERANCANGAN VIDEO PROMOSI BATIK TINCTORI NATURAL DYE AMBARAWA
Annisa Hillda Pratiwi, 2411415005 (2021) PERANCANGAN VIDEO PROMOSI BATIK TINCTORI NATURAL DYE AMBARAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Media promosi merupakan sebuah sarana untuk menyebarkan informasi serta mempengaruhi dan membujuk suatu target pasar untuk kepentingan suatu produk. Tinctori Natural Dye merupakan sebuah usaha yang menjual produk batik pewarna alam, yang berdiri di Ambarawa pada tahun 2010. Tinctori Natural Dye menggunakan bahan-bahan pewarna alam bertujuan agar batik yang dihasilkan memiliki nilai jual yang tinggi serta menjaga lingkungan dari pengaruh bahan yang dapat merusak lingkungan. Tujuan dari proyek studi ini adalah menghasilkan rancangan iklan komersial berupa video promosi untuk produk Tinctori Natural Dye di sosial media. Video promosi ini berfungsi untuk memperlihatkan proses pembuatan yang harus melewati beberapa tahapan menarik dan juga bertujuan untuk memperlihatkan produk yang dibuat secara handmade agar konsumen bisa melihat langsung bagaimana Tinctori Natural Dye membuat produk yang baik dengan bahan yang baik sekaligus kualitas pembuatan yang sangat terjaga dan detail pada setiap produk, dengan ini bisa menaikan nilai lebih dimata konsumen agar lebih percaya dengan kualitas produk-produk Tinctori Natural Dye. Perancangan video promosi ini melalui beberapa proses, dengan urutan proses pra-produksi, produksi dan pasca produksi. Pada video pertama yang berdurasi 1 menit 16 detik memiliki 3 sequence, video kedua yang berdurasi 2 menit 7 detik memiliki empat sequence, dan pada video ketiga yang berdurasi 58 detik memiliki 3 sequence. Aspek teknik, aspek estetis dan aspek komunikasi menjadi cakupan untuk menganalisis video promosi ini. Pada ketiga video promosi ini menggunakan teknik pengambilan gambar seperti close up, medium close up, medium shot, long shot, extreme long shot dengan sudut pandang wajar serta penggambaran naturalis, yang mendominasi dalam setiap sequence maupun scene. Dengan adanya perancangan video promosi ini, diharapkan dapat digunakan sebagai nilai tambah dari Tinctori Natural Dye serta mampu memberikan informasi serta mempersuasi masyarakat agar lebih dikenal dan juga mendapatkan konsumen baru.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perancangan, Video, Media Promosi, Batik, Tinctori Natural Dye. |
Subjects: | L Education > Special Education > Art education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | Kharisma ADHIARYA |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 01:46 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 01:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50951 |
Actions (login required)
View Item |